Cara Mengatasi Ketombe Pada Kulit Kepala Dengan Efektif

Cara mengatasi ketombe ,hmmm sungguh tidak menyenangkan bila anda memiliki ketombe. Rasa gatal yang menyerang kepala menimbulkan perasaan tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Ketombe atau dermatitis seboroik sebernarnya adalah kulit kepala yang mengelupas. Yang menjadi penyebabnya adalah jamur ketombe yang tumbuh subur pada kulit kepala yang lembab, kotor dan berkeringat.

cara mengatasi ketombe secara alami dan mudah

(c) shutterstock.com

Adapun hal pemicu tumbuhnya ketombe yang banyak disebut-sebut oleh para pakar kecantikan rambut adalah sebagai berikut :

  • Cuaca yang panas dan paparan sinar matahari yang berlebih
  • Ketidakcocokan terhadap sampo atau produk perawatan rambut
  • Memakai sisir orang yang berketombe
  • Mengikat rambut atau memakai helm saat rambut masih basah
  • Sisa sampo yang masih tertinggal di kulit kepala
  • Banyak pikiran dan stress.

Cara mengatasi ketombe sebaiknya dilakukan dengan benar, jangan hanya mengandalkan sampo anti ketombe. Ini karena penggunaan sampo anti ketombe yang berlebihan juga akan menyebabkan ketombe semakin parah. Keramas yang baik adalah tidak terlalu sering, cukup dua atau tiga kali dalam seminggu. Bagi ada yang mempunyai masalah ketombe, berikut adalah beberapa cara mengatasi ketombe dengan bahan-bahan alami yang bisa anda lakukan :

Menggunakan Lemon

Lemon bisa digunakan untuk mengatasi ketombe karena kandungan asamnya yang tinggi. Air perasan jeruk lemon terbukti mampu membunuh jamur penyebab ketombe. Gunakanlah air perasan beberapa buah lemon untuk keramas dan bilas hingga bersih. Lakukan cara mengatasi ketombe ini secara rutin dan berulang, dengan demikian ketombe pada kulit kepala berangsur hilang.

Menggunakan Cuka Putih

Cara mengatasi ketombe selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan cuka putih. Bahan ini memiliki kemampuan menghilangkan kulit mati yang menjadi bakal ketombe, tanpa menyumbat pori-pori kulit kepala anda. Gunakan cuka secara merata pada kulit kepala, diamkan 30 menit kemudian bilas bersih. Lakukan rutin 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Menggunakan Garam

Selain bekerja menyingkirkan kulit mati penyebab ketombe, garam juga mampu mengurangi pertumbuhan jamur ketombe pada kulit kepala. Garam adalah bahan yang sangat mudah didapat, gunakanlah sebagai campuran pada sampo saat keramas. Maka secara berangsur ketombe pun akan berkurang.

Lidah buaya

Tanaman ini memang telah lama dikenal sebagai tanaman untuk penyubur dan memelihara kesehatan rambut, serta kulit kepala yang berketombe. Kupas kulit lidah buaya, kemudian balurkan lendir pada daging buahnya pada seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan kurang lebih 20 menit dan bilas hingga bersih. Tidak hanya ketombe yang hilang, bonusnya adalah rambut lebih indah berkilau.

Menggunakan Baking Soda

Bahan ini efektif untuk menghilangkan ketombe karena baking soda dapat mengurangi produksi minyak pada kulit kepala, dan menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk. Cara penggunaannya mudah, campurkan 1 sendok makan soda kue ini dengan air setengah gelas, lalu gunakan untuk keramas.

Kurangi konsumsi makanan berminyak

Makanan berminyak tentu saja mempengaruhi kesehatan kulit kepala anda. Lebih baik mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah dan sayuran. Seperti halnya kuku dan kulit rambut, kulit kepala juga memerlukan nutrisi agar kesehatannya tetap terjaga.

Menggunakan Minyak almond dan Minyak Zaitun

Penggunaan campuran kedua minyak ini sebaiknya dilakukan setelah keramas, saat keadaan kulit kepala bersih. Saat rambut telah kering, oleskan campuran minyak ini pada kulit kepala secara merata. Tutuplah dengan handuk selama 30 menit agar meresap dengan lebih baik.

Baca juga : Cara mengatasi ketombe untuk wanita berhijab

Cantik adalah pilihan, termasuk kecantikan dan kesehatan rambut serta kulit kepala. Anda bisa mencoba cara mengatasi ketombe di atas. Pilihlah yang paling mudah dan cocok untuk anda. Selamat mencoba.


DMCA.com Protection Status