Cara Mengatasi Rambut Kering secara Natural

Teman-teman sudah baca tips perawatan rambut rontok? Berarti sudah tak ada masalah lagi dengan kerontokan rmabut kan? Simak juga mengenai gaya potong rambut terbaik untuk ibu hamil. Biar tahu sepert apa model potongan rambut yang pas.Nah untuk kali ini kita akan bahas mengenai cara mengatasi rambut kering secara alamiah seperti halnya pernah dilansir laman webmd.com.

cara mengatasi rambut kering

(c) shutterstock.com

Rambut kering salah satunya karena rambut sering terkena panas. Mungkin karena panas sinar matahari atau karena sumber panas lainnya seperti pengeriting rambut. Untuk itu, terutama bagi rambut kering, hindari rambut terkena sinar matahari langsung. Kita bisa gunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Kalaupun hendak menggunakan alat penata rambut yang mengeluarkan panas, kita perlu menyemprotkan cairan atau krim anti panas terlebih dulu.

Untuk bagian rambut yang rusak atau kusam, kita bisa memotongnya. Tak perlu khawatir, sebab nantinya rambut itu akan tumbuh kembali.

Bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membantu mengatasi rambut kering adalah minyak kelapa. Kita bisa gosokkan itu ke rambut basah kita dan diamkan selama beberapa menit sebelum mencucinya.

Saat kita hendak tidur, pastikan juga untuk merapikan rambut kita. Itu akan membantu rambut kita lebih sehat. Kemudian untuk sarung bantal, pilihlah kain yang lembut sehingga bisa mengurangi terjadinya gesekan.

Disarankan juga agar tidak terlalu sering menggunakan pewarna rambut. Sebab kebanyakan pewarna terbuat dari bahan kimia yang akan mengikis kelembaban rambut. Itu akan membuat rambut kering gampang rusak.

Kemudian untuk shampoo dan kondisioner yang kita pakai, pilih yang memang khusus untuk rambut kering. Itu akan membantu membuat rambut kita lebih baik. Penting juga untuk memilih produk pelembab rambut yang berkualitas. Carilah moisturizer yang mengandung bahan alami seperti minyak zaitun. Itu akan membantu mengatasi keringnya rambut kita.

Oya, kita juga tak perlu keramas tiap hari. Cukup misalnya dua hari sekali atau tiga hari sekali. Itu akan membantu menjaga kelembaban rambut.

Untuk makanan yang bisa membantu mengatasi rambut kering, kita bisa banyak makan alpukat, salmon dan minyak zaitun. Makanan tersebut mengandung banyak asam lemak esensial yang baik untuk melembabkan kulit kepala yang kering secara natural.

Terakhir, untuk masker rambut, kita bisa buat dari minyak zaitun dan madu. Campurkan itu dalam mangkok kecil dan usapkan merata ke seluruh rambut kita. Kemudian diamkan selama 30 menit. Bila perlu, bungkus kepala dan rambut kita dengan plastik agar ramuan tadi tak menets kemana-mana. Setelah 30 menit, baru kita bilas dengan shampoo dan kondisioner. Tak perlu terlalu sering melakukannya. Seminggu atau dua minggu sekali sudah memadai sebagai cara mengatasi rambut kering kita.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status