Cara Menghilangkan Bekas Luka dan Membuatnya Kembali Mulus

Ketika kulit terkena luka biasanya menimbulkan bekas. Inilah yang membuat kulit kita tak lagi mulus. Luka itu bisa disebabkan banyak hal. Mungkin awalnya gatal, lalu kita garuk hingga terluka. Atau bisa juga karena kulit kita tergores benda tajam seperti paku hingga mengalami luka. Apapun sebabnya, yang jelas kita ingin luka tersebut tidak berbekas. Sehingga kulit kita bisa kembali mulus seperti semula. Bagaimanakah cara menghilangkan bekas luka secara alami yang banyak direkomendasikan? Seperti apa yang ditulis laman wikihow.com dan situs perawatan kulit lainnya, berikut kami sajikan beberapa cara yang banyak direkomendasikan.

cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya

(c) shutterstock.com

Tips menghilangkan bekas luka

Ada beberapa tips menghilangkan bekas luka secara alami. Cara alaminya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan alpha hydroxy acid pada jeruk nipis mampu membantu mengangkat sel kulit mati dan mendorong tumbuhnya sel kulit baru. Sehingga bekas luka pun sembuh tanpa meninggalkan bekas. Cara menerapkannya, jeruk nipis diperas kemudian kita celupkan kapas untuk menyerap perasan jeruk nipis itu. Lalu gosokkan jeruk nipis itu ke bagian tubuh yang terdapat bekas luka. Gosokkan perlahan dan diamkan selama 10 menit, baru kita bilas.

Jika kebetulan di rumah tidak ada jeruk nipis, kita bisa gantikan cara ini dengan madu asli. Madu punya khasiat untuk memudarkan bekas luka, selain juga sebagai pelembab alami kulit. Cara mengobati bekas luka ini adalah dengan, menyampur 2 sendok baking soda dengan 2 sendok madu. Campurkan keduanya hingga merata dan pijatkan ke bekas luka kita. Setelah 3 menit, kita bisa seka dengan kain lap.

Catatan penting! Penggunaan baking soda untuk perawatan kulit memang belum begitu populer di Indonesia, jika kalian ragu-ragu dengan hal ini ada baiknya konsultasikan dulu dengan ahlinya. Dari beberapa situs populer di Indonesia kami telah menemukan bahan ini banyak dibahas disana. Tetapi karena belum familier dan masih banyak pro-kontra pendapat di Indonesia maka ada baiknya konsultasikan dulu.

Tips menghilangkan bekas luka secara alami lainnya yaitu dengan menggunakan bawang merah. Caranya mudah, satu siung bawah diiris jadi dua bagian, kemudian oleskan bagian tersebut pada bekas luka. Bawang memiliki anti-inflamasi yang dapat menghambat produksi kolagen pada bekas luka. Sehingga kulit pun akan kembali mulus. Tentu kita harus rutin melakukannya sampai hasilnya terlihat.

Bahan alami lainnya yang sangat kaya manfaat, mudah ditemukan dan juga berguna untuk menghilangkan bekas luka adalah lidah buaya. Gel atau bagian isi lidah buaya ini mampu membersihkan sel kulit mati pada luka. Oleskan lidah buaya ini pada bekas luka dua kali dalam sehari. oleskan sambil memijat-mijatnya.

Kemudian, disarankan juga untuk menggunakan minyak zaitun untuk penyembuhan bekas luka. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun berkhasiat untuk menyamarkan bekas luka. Cara alami menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun yaitu tinggal mengoleskannya pada bagian bekas luka. Lakukan sambil dipijat-pijatkan kurang lebih 5 menit. Kemudian diamkan selama sekitar 10 menit dan barulah kita bersihkan dengan kain bersih. Begitulah yang perlu dilakukan untuk membuat bekas luka kembali mulus seperti sedia kala.

Cara menghilangkan bekas luka secara alami yang hitam di wajah maupun kaki serta bagian tubuh lainnya yang sudah lama baik karena knalpot atau yang lainnya dengan cara sederhana dan mudah tersaji lengkap di beberapa situs tentang perawatan kulit. Disini kami mencoba menghadirkan sebagian cara populer yang sudah terbukti sangat baik dan cukup cepat mengatasi masalah ini. Pilihan cara alami lebih kami rekomendasikan khususnya untuk membantu mengatasi bekas luka dibagian wajah dan area leher. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.(Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status