Cara Menghilangkan Biang Keringat Yang Aman Pada Bayi Dan Orang Dewasa

Pernahkah anda mendengar tentang Miliaria sebelumnya? Miliaria adalahh istilah lain dari biang keringat. Sedangkan biang keringat ini adalah ruam atau bintik-bintik merah yang muncul diakibatkan oleh tersumbatnya jaringan keringat pada kulit. Biasanya ruam ini terjadi ketika suhu tubuh kita meningkat sedangkan suhu udara di ruangan sangat lembab dan dingin sehingga pori-pori kulit justru tertutup saat tubuh harus mengeluarkan keringat berlebih untuk mendinginkannya. Ruam yang terjadi pada anak dan orang dewasa ini pada dasarnya menimbulkan rasa gatal yang menyengat. Dan letaknya pun dapat berada di beberapa bagian pada tubuh seperti punggung, wajah, leher dan dada. Bagi setiap orang memiliki biang keringat pastinya sanga mengganggu apalagi jika dialami oleh anak anda. Walaupun demikian, anda tidak perlu terlalu pusing oleh biang keringat tersebut karena berbagai cara menghilangkan biang keringat cukup mudah dicari.

cara menghilangkan biang keringat

(c) shutterstock.com

Ubah kebiasaan untuk hindari biang keringat

Tidak peduli anak atau orang dewasa, jika anda ingin terhindar dari ruam yang disebabkan oleh biang keringat, salah satu cara menghilangkan biang keringat pada bayi dan orang dewasa ini patut untuk dicoba. Pertama-tama kita harus mampu mengubah kebiasaan kita untuk mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pakailah pakaian yang longgar dengan bahan yang dapat menyerap keringat. Jika suhu ruangan terlalu panas, dingin hingga lembab, segeralah pindah ke ruangan yang lebih luas kemudian nyalakan pendingin ruangan walau tidak menghadap anda langsung. Jika ruam terasa sangat gatal dan menggoda anda untuk menggaruknya, pastikan anda telah memotong kuku anda dan anak anda sehingga tidak akan menimbulkan lecet ketika menggaruk. Mandi air hangat sebetulnya dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi biang keringat di kulit anda. Campurkan saja sedikit baking soda pada air mandi anda. Beberapa tips diatas juga berlaku bagi bayi, anak dan orang dewasa.

Bedak Dingin

Terdapat beberapa cara alami usir biang keringat di wajah dan juga seluruh tubuh anda. Salah satu cara menghilangkan biang keringat di wajah adalah dengan menaburkan bedak beras pada kulit yang berbiang keringat. Istilah bedak beras cukup dikenal sebagai bedak dingin. Biasanya bedak tersebut berbentuk pil yang bisa dihancurkan hanya dengan mencampurkannya dengan sedikit air. Anda dapat membelinya di toko-toko dan juga apotek dengan harga yang sangat terjangkau. Ketika bedak beras sudah berbentuk seperti pasta, anda cukup mengoleskannya pada kulit di daerah-daerah tertentu pada tubuh anda secara rutin hingga biang keringat berkurang.

Tepung Maizena

Tepung maizena adalah nama lain dari tepung jagung. Selain dijadikan bahan untuk membuat sayur yang kental dan lezat, tepung jagung ternyata juga berkhasiat sebagai cara menghilangkan biang keringat pada orang dewasa dan bahkan bayi. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mencampurkan tepung tersebut dengan air secukupnya hingga menjadi pasta. Lalu anda dapat mengoleskannya pada kulit berbiang keringat. Tunggu hingga kering sekitar 30 menit sebelum membilasnya hingga bersih dengan air.(Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status