Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami dan Mudah

Gatal-gatal adalah masalah kulit paling umum terjadi yang biasanya dianggap sepele oleh masyarakat. Secara umum, gatal pada kulit adapat disebabkan oleh berbagai hal tergantung letak gatal, jenis kulit dan kondisi kesehatan si penderita. Jika gatal yang tak biasa terjadi pada kulit anda, beberahapa hal yang harus diperhatikan saat itu adalah dengan menemukan penyebabnya terlebih dahulu. Jika anda menyepelekan gatal-gatal ini, beberapa masalah lain yang justru akan anda sesali kemudian dapat terjadi seperti iritasi pada kulit karena terlalu sering menggaruk dengan kasar, bekas gata-gatal yang mengganggu penampilan hingga rasa tak nyaman pada tubuh. Secara tradisional, cara menghilangkan gatal secara alami dapat dilakukan bahkan di rumah anda setiap harinya. Dalam hal ini, anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menyembuhkan gatal-gatal ini karena bumbu dapur pun dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi gatal membandel di kulit anda.

cara menghilangkan gatal secara alami

(c) shutterstock.com

3 cara alami menghilangkan gatal

Berikut ini adalah 3 tips dan cara alami menghilangkan gatal yang bisa sobat Ayla coba sesuai dengan peruntukannya. Semoga nanti apa yang kami sampaikan ini bisa membantu dan berhasil dengan baik dalam mengatasi gatal.

Salep dari Minyak Goreng dan Garam

Siapa bilang dua bahan yang sering kita temukan di dapur ini hanya bisa dimanfaatkan untuk memasak saja. Minyak goreng tidak hanya untuk menumis dan menggoreng saja, lho! Dan garam juga bukan melulu dijadikan bumbu penyedap di setiap masakan favorit anda. Campuran dari kedua bahan tersebut nyatanya amat jitu sebagai suatu cara menghilangkan gatal-gatal pada kulit anda. Cara membuat salep gatal dari bahan-bahan tersebut sangatlah mudah. Campurkan saja beberapa sendok minyak goreng kemudian tambahkan garam secukupnya lalu aduk hingga tercampur merata. Setelah itu, oleskan pada kulit yang terasa gatal. Diamkan beberapa saat hingga gatal anda berkurang sebelum membilasnya dengan air. Lakukan pengobatan gatal-gatal ini secara rutin hingga gatal-gatal benar-benar hilang.

Tumbukan Daun Salam

Nah, jika anda menanam pohon salam di rumah sebagai bumbu dapur yang mudah didapatkan ketika anda membutuhkannya untuk memasak, gunakan juga daun ini sebagai cara menghilangkan gatal di kepala maupun kulit di bagian tubuh anda yang lain. Anda tidak perlu repot menggunakan daun salam ini. Cukup petik saja beberapa lembar daun salam, kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk hingga daun salam halus sebelum mengoleskannya di kulit anda yang gatal-gatal. Jika perlu tutup dengan kain kasa yang direkatkan dengan plester agar kandungan dalam daun salam terserap dengan sempurna di kulit anda yag gatal tersebut.

Minyak Kelapa dan Daun Biduri

Salah satu cara menghilangkan gatal alergi yang biasanya diderita karena cuaca dingin yang berlebihan atau debu adalah dengan menggunakan daun biduri yang diolesi minyak kelapa. Daun yang telah diolesi dengan minyak kelapa ini kemudian dipanaskan di atas api namun tidak sampai terbakar. Ketika dirasa telah memanas, angkat kemudian tempelkan daun biduri hangat pada kulit anda yang gatal. Lakukan cara ini beberapa kali hingga rasa gatal menghilang. (Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status