Cara Menghilangkan Insomnia Secara Alami Dan Mudah

Insomnia atau gangguan tidur di malam hari bisa terjadi pada siapa saja. Penyebab susah tidur ini pun beragam dari kesukaan akan makanan dan minuman yang mengandung kafein menjelang tidur, suasana hati yang tidak tenang akan adanya pekerjaan dan tugas yang menumpuk, gejala penyakit tertentu dan juga kondisi ruangan yang tidak kondusif untuk merangsang rasa kantuk anda. Cara menghilangkan insomnia secara alami sendiri terbilang cukup mudah asalkan didukung oleh niat dan kondisi kita pribadi.

cara menghilangkan insomnia

(c) shutterstock.com

Segera temukan cara menghilangkan insomnia

Bagaimanapun susah tidur atau gangguan insomnia yang dibiarkan terus menerus sangatlah membahayakan kesehatan tubuh anda. Tentunya setiap hari khususnya di malam hari, tubuh kita memproduksi zat-zat tertentu yang berfungsi untuk mengembalikan metabolisme tubuh kita. Sehingga tubuh kita tetap sehat dan segar di pagi harinya. Untuk itulah, mulai dari sekarang, kita wajib mencari pengobatan yang tepat dalam mengatasi gangguan susah tidur ini.

Maksimalkan Aktifitas Anda di Siang Hari

Satu cara menghilangkan insomnia atau susah tidur dengan mudah adalah dengan memaksimalkan kegiatan sehari-hari anda khususnya di siang hari. Aktifitas anda yang dimulai dari bangun tidur di pagi hari, kerja atau kuliah di siang hingga petang sebenarnya secara tidak langsung dapat membantu anda merangsang rasa kantuk karena lelah. Pastikan juga olahraga menjadi salah satu kegiatan harian anda, sehingga di malam harinya anda lebih mudah untuk beristirahat. Selain itu, sebelum tidur, anda dapat melakukan kegiatan yang bersifat santai seperti membaca buku atau mendengarkan radio. Usahakan untuk tidak membawa ponsel pintar atau gadget anda yang lain ke tempat tidur. Ringtone yang berbunyi bahkan getar yang anda rasakan berasal dari gadget-gadget tersebut dapat mengganggu kualitas tidur anda.

Hindari Kafein dan Rokok

Cara menghilangkan insomnia dengan cara alami adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung stimulan seperti kafein. Jika anda memang ingin minum secangkir kopi di hari tersebut, paling tidak berilah jarak sekitar 4-5 jam sebelum anda pergi tidur. Jika anda perokok berat dan ingin mengatasi insomnia yang parah, kurangi porsi merokok anda dan jangan merokok sama sekali setidaknya 4 jam sebelum tidur. Tahukah anda bahwa merokok justru akan memperparah gangguan susah tidur anda?

Kondisikan Ruang Tidur Anda untuk Tidur

Gunakan kamar tidur anda hanya untuk tidur bukannya untuk main game, menonton televisi atau bahkan menggunakannya sebagai studio untuk bermain musik. Pasanglah lampu temaram yang dapat merangsang rasa kantuk anda. Bersihkan kamar anda secara rutin agar terlihat nyaman dan hangat. Jangan lupa jauhkan hewan peliharaan anda dari kamar sewaktu akan tidur. Siapkan peralatan tidur anda yang nyaman seperti sprei bersih, bantal, guling dan selimut hangat dan lembut. Posisikan diri anda di tempat tidur dengan nyaman. Beberapa tips ini dapat menjadi cara menghilangkan insomnia akut pada anda.(Ayla/Ira)


DMCA.com Protection Status