Cara Menghilangkan Kapalan Agar Telapak Tangan Dan Kaki Halus

Callus atau yang biasa kita kenal sebagai kapalan adalah suatu penebalan pada kulit telapak tangan atau kaki yang disebabkan oleh terlalu seringnya bagian tersebut terkena gesekan. Pada bagian kulit yang kapalan, biasanya akan terjadi pengelupasan berlebihan sebagai proses bergantinya sel-sel kuit mati dengan sel-sel kulit baru. Namun, akibat terlalu seringnya bagian ini terkena gesekan, maka proses tersebut tidak akan menjadi sempurna. Itulah mengapa bagian kulit pada telapak tangan dan kaki anda yang kapalan selalu sulit menjadi halus kembali seperti kulit di bagian lain tubuh anda. Sebenarnya, cara menghilangkan kapalan tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah.

cara menghilangkan kapalan

(c) shutterstock.com

Rutin merendam kaki dalam air hangat

Sama seperti yang akan anda dapatkan ketika mengambil paket perawatan kaki dan tangan atau menicure dan pedicure, merendam tangan dan kaki anda ke dalam air hangat dapat membantu anda untuk mengatasi kapalan pada kulit. Perawatan rutin ini tidak hanya mencangkup proses perendaman kaki dan tangan anda ke dalam air hangat, namun juga mencangkup proses pembersihan kulit kapalan menggunakan alat bantu seperti sikat lembut dan batu apung. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dan kaki ini setidaknya dilakukan setiap minggu 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perendaman air hangat ini berfungsi untuk melunakkan lapisan kapalan pada tangan dan kaki anda sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Obat oles alami dari getah bunga kamboja

Bunga berwarna putih nan wangi yang biasa anda temukan di pemakaman ini ternyata sangat mujarab sebagai salah satu cara menghilangkan kapalan di mata kaki serta telapak tangan dan kaki anda. Yang harus anda lakukan adalah menghaluskan bunga kamboja hingga tumbukannya menghasilkan minyak. Minyak sari bunga kamboja inilah yang nantinya dapat anda oleskan pada kulit tangan dan kaki yang kapalan secara rutin untuk hasil terbaiknya.

Perasan lemon dan tumbukan pepaya mentah

Terdapat beberapa cara menghilangkan kapalan secara alami yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Dua cara yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan perasan lemon dan pepaya mentah yang telah dihaluskan sebagai obat oles alami untuk mengatasi kulit kapalan di telapak tangan dan kaki anda. Cara perawatannya cukup sederhana dan tidak merepotkan. Yang pertama adalah dengan perasan lemon. Pilih lemon yang segar kemudian peras untuk diambil airnya. Celupkan kapas ke dalam perasan lemon tersebut, lalu gosokkan kapas tersebut pada kulit yang kapalan. Untuk cara kedua, haluskan terlebih dahulu pepaya muda yang telah dikupas. Lalu gunakan pepaya muda yang telah dihaluskan tersebut sebagai masker. Cukup tempelkan saja sedikit ramuan alami tersebut pada kulit anda yang kapalan.(Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status