Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami dan Cepat

Punya karang gigi itu tanda kalau gigi kita sedang tak sehat. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan karang gigi secara alami ? Yang terbaik tentu saja kita harus rajin menyikat gigi tiap hari, menjaga kebersihan mulut dan rutin memeriksa gigi. Jika itu kita lakukan secara teratur, karang gigi pun kemungkinan besar tak akan terdapat di gigi kita. Namun bagaimana jika gigi kita sudah kadung dihinggapi karang gigi itu?

cara menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat

(c) shutterstock.com

Cara alami menghilangkan karang gigi

Untuk cara alami menghilangkan karang gigi yang berwarna coklat kekuningan itu jelas kita tetap perlu rutin sikat gigi. Biasakan setiap selesai makan selalu menyikat gigi. Pastikan menggunakan sikat gigi yang bulunya lembut dan sikatnya mampu menjangkau ke seluruh bagian gigi. Gunakan juga pasta gigi yang mengandung fluoride. Sebab itu dapat memperkuat gigi serta mencegah gigi berlubang.

Bisa juga dengan menggunakan baking soda (soda kue) sebagai tips menghilangkan karang gigi. Caranya, campur satu sendok makan soda kue dengan sedikit garam. Kemudian basahi sedikit sikat gigi dan celupkan ke dalam campuran baking soda. Selanjutnya, gosokkan pada bagian yang terdapat karang gigi. Cara ini secara alamiah akan membersihkan karang gigi serta membuat gigi putih berkilau.

Jika kebetulan tak ada soda kue di dapur, coba belilah jeruk dan setelah dimakan jangan buang kulit jeruknya. Gunakan kulit jeruk itu untuk digosokkan langsung ke gigi. Sebaiknya lakukan ini sebelum tidur. Jadi setelah gigi kita gosok dengan kulit jeruk, kita bisa langsung pergi tidur. Esoknya baru kita bersihkan. Ini cara menghilangkan karang gigi secara alami yang sangat efektif. Lalu kalau untuk cara paling mudah membuat karang gigi itu hilang adalah dengan makan makanan pedas. Jadi bagi penyuka makanan pedas, berbahagialah. Sebab makanan favorit kita yang pedas itu mampu mencegah dan melawan timbulnya karang gigi.

Perbanyak juga konsumsi buah yang mengandung vitamin C. Sebab itu juga dipercaya efektif bisa membantu hilangnya karang di gigi kita. Tentu selain melakukan berbagai cara di atas, kita perlu untuk menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari makanan bertepung dan manis. Sebab semua itu bisa menyebabkan bakteri mudah bersarang di gigi dan akhirnya menimbulkan karang gigi yang tak diharapkan itu. Jelas kan? (Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status