Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur Secara Tradisional

Nah, ini dia, sobat! Setiap orang memang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda termasuk kebiasaan mendengkur yang terkadang menjadi masalah cukup serius di kehidupan rumah tangga anda kelak. Kebiasaan mendengkur atau ngorok biasanya identik dengan para lelaki. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa wanita juga tak bisa menghindari kebiasaan mendengkur mereka saat tidur. Lalu, bagaimana cara menghilangkan ngorok ini? Pertama-tama, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang kebiasaan mendengkur saat tidur.

cara menghilangkan ngorok

(c) shutterstock.com

Penyebab dasar kebiasaan mengorok

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, kebiasaan mendengkur atau ngorok memiliki pemicu yang berbeda-beda tergantung pada si penderita. Umumnya, penyebabnya bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah terjadinya penyumbatan pada hidung yang dikarenakan oleh pilek atau alergi tertentu. Penyebab ngorok yang kedua bisa jadi karena adanya ketidaknormalan pada lidah dan tonsil. Alasan lainnya bahkan menyatakan bahwa tidur mendengkur merupakan salah satu gejala suatu pennyakit serius seperti kanker pada tenggorokan atau bagian pernapasan. Selain disebabkan oleh sesuatu hal, tidur dengan kebiasaan mendengkur ternyata dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit stroke dan darah tinggi. Ternyata hal sepele seperti tidur sambil ngorok bisa menjadi sangat menyeramkan, kan? Untuk itulah, perlunya mengetahui cara menghilangkan ngorok saat tidur sangatlah penting.

Metode tepat hilangkan kebiasaan ngorok

Terdapat beberapa metode tepat dan mudah sebagai cara menghilangkan ngorok secara tradisional. Jika anda adalah seseorang dengan berat badan berlebih, kurangilah berat badan anda agar kebiasaan mengorok saat tidur dapat diatasi. Obesitas dipercaya sebagai salah satu pemicu munculnya suara pada tenggorokan anda ketika tidur. Hal ini dikarenakan adanya penyempitan pada tenggorokan yang biasanya berhubungan dengan banyaknya timbunan lemak di bagian leher. Ubahlah juga posisi anda ketika tidur. Lebih baik hindari posisi tidur telentang karena posisi lidah anda akan menuju ke bagian belakang mulut sehingga dapat memicu terjadinya dengkuran.

Posisi tidur dengan kepala yang lebih tinggi sebenarnya dapat membantu anda terutama dalam memperlancar aliran udara melalui hidung anda. Sayangnya, jika terlalu lama, posisi ini akan menyebabkan nyeri di sekitar leher anda. Posisi tidur paling nyaman sebagai salah satu cara menghilangkan ngorok sewaktu tidur adalah tidur menyamping atau miring. Jika anda adalah seorang perokok berat, mulailah untuk mengurangi kebiasaan menghisap rokok karena merokok dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada saluran pernapasan anda. Aktifitas ini jika terlalu berlebihan juga akan menjadi penyebab terlalu banyaknya lendir yang dihasilkan selaput lendir pada tenggorokan anda sehingga dapat memicu terjadinya penyumbatan pada pernapasan. Dalam kondisi lainnya, banyak orang mengatakan bahwa jika seseorang tidur sambil mendengkur, itu menandakan bahwa ia terlalu lelah. Nyatanya alasan tersebut memang benar adanya karena rasa lelah pada tubuh anda akan mengganggu sistem pertukaran udara dalam tubuh. Maka dari itu, mandilah dengan air hangat sebelum anda pergi tidur. (Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status