Cara Menghilangkan Pilek Tanpa Minum Obat Yang Cukup Manjur

Pilek adalah suatu penyakit yang secara umum menyerang organ pernapasan manusia seperti hidung dan tenggorokan. Penyakit yang tergolong ringan ini disebabkan oleh virus yang amat mudah menyebar melalui air liur yang terbawa oleh udara dalam bentuk partikel-partikel kecil yang kasat mata. Sebenarnya virus ini dapat dicegah penularannya selama seseorang dapat menjaga kondisi tubuhnya tetap fit dengan sistem imun yang baik pula. Namun, ketika anda sudah terlanjur menderita flu, banyak hal yang akan anda rasakan bersamaan yang tentunya berhubungan dengan sistem pernapasan anda seperti bersin, pilek, panas dalam hingga batuk disertai demam. Salah satu hal yang cukup mengganggu aktifitas anda ketika influenza menyerang adalah pilek. Dampak dari pilek ini sungguh dapat anda rasakan sangat mengganggu rutinitas anda karena dapat menjadi pemicu munculnya rasa pening di kepala, hidung tersumbat, gatal di dalam hidung hingga bersin-bersin tak karuan. Nah, kami akan memberikan beberapa tips cara menghilangkan pilek yang diakibatkan oleh virus influenza.

cara menghilangkan pilek secara alami

(c) shutterstock.com

Cara meredakan pilek tanpa obat

Berikut coba kami sajikan informasi tentang 3 cara mengatasi pilek yang mengganggu dengan beberapa cara mudah yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Redakan Pilek dengan konsumsi Air Putih dan minuman hangat

Untuk menjaga tubuh anda terhidrasi dengan baik selama influenza menyerang, memperbanyak minum air putih bisa menjadi solusi terbaik. Jika perlu minumlah air putih yang hangat dan hindari air putih dingin bahkan minuman dingin dengan tambahan es batu. Jaga tubuh anda tetap hangat dengan mengkonsumsi minuman hangat seperti teh melati dengan madu dan sedikit gula atau minuman hangat dengan perasan jeruk dan madu. Teh jahe atau ronde juga dapat menjadi pilihan menarik bagi anda yang ingin merasa nyaman ketika sedang terkena flu. Minuman hangat ini sayangnya tidak bisa sembarangan menjadi cara menghilangkan pilek pada bayi.

Sembuhkan Pilek dengan terapi uap panas

Terapi uap panas juga bisa menjadi solusi ampuh dan salah satu cara menghilangkan pilek tanpa obat di rumah. Terapi sederhana ini biasanya juga berkerja dengan baik ketika terjadi hidung tersumbat selama influenza menyerang anda dengan ganas. Metode terapi dengan uap panas cukup mudah untuk dilakukan bahkan setiap hari. Anda cukup merebus air secukupnya di dalam panci hingga mendidih. Kemudian tuangkan air dalam suatu wadah dan posisikan kepala anda di atas wadah tersebut sehingga uap panas yang keluar akan mengenai wajah anda. Agar uap panas tersebut tidak menyebar kemana-mana, tutup kepala anda dengan handuk atau kain untuk menahan uap panas tetap mengenai wajah anda. Fokuskan pada area hidung lalu hirup uap banyak-banyak.

Atasi Pilek dengan menghirup aroma Mentol

Saat ini di pasaran banyak dijual minyak penghangat dengan aroma segar mentol seperti minyak kayu putih. Oleskan secukupnya minyak hangat ini di bawah hidung, ujung kanan dan kiri kening anda dan bagian dada. Biarkan kehangatannya dapat terserap dengan baik dan baunya yang menyegarkan dapat anda hirup sebagai salah satu cara menghilangkan pilek dan bersin.(Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status