Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Alami Dan Mudah

Gigi adalah salah satu penunjang penting penampilan seseorang terutama ketika orang tersebut tersenyum manis terhadap sesama. Pastinya anda tidak menginginkan orang lain merasa jijik terhadap anda ketika menemukan adanya plak gigi yang menguning ketika anda tersenyum, kan? Hal ini semestinya harus dihindari bagaimanapun caranya. Menjaga kebersihan gigi setiap hari memang menjadi cara ampuh untuk mengatasi plak bahkan karang gigi pada gigi anda. Namun, ternyata, hanya dengan menggososk gigi anda secara rutin pun belum cukup sebagai cara menghilangkan plak pada gigi. Beberapa metode tradisional dan modern sepertinya patut dicoba untuk menyempurnakan cara anda atasi plak pada gigi sehingga didapatkan gigi yang bersih dan sehat.

cara menghilangkan plak pada gigi

(c) shutterstock.com

Cara mudah menghilangkan plak pada gigi

Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan plak pada gigi yang sudah cukup banyak dikenal luas. Sesuaikan dengan kondisi teman-teman semua dan pilihlah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Baking Soda

Baking soda dikenal bukan hanya sebagai pengembang adonan kue atau roti saja. Bahan makanan ini ternyata juga berkhasiat sebagai cara menghilangkan plak pada gigi dengan cepat. Yang harus anda lakukan adalah dengan menambahkan sedikit baking soda pada pasta gigi anda setiap kali anda menggosok gigi. Untuk hasil yang lebih nyata lagi, anda juga dapat menambahkan sedikit garam pada campuran pasta gigi dan baking soda sebagai scrub gigi buatan yang aman dan sehat untuk digunakan. Catatan! cara ini belum populer di Indonesia, jika akan menggunakannya ada baiknya konsutasikan dulu dengan dokter gigi atau teman lain yang telahberpengalaman.

Bubuk Cengkeh

Rempah-rempah yang satu ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan plak pada gigi secara alami. Beberapa biji cengkeh yang dihaluskan terlebih dahulu dapat digunakan untuk menggososk gigi anda secara rutin setiap hari. Atau anda juga bisa mencampurkan bubuk cengkeh tersebut dengan pasta gigi yang biasanya anda pakai untuk membersihkan permukaan gigi anda dari plak yang menguning bahkan tartar atau yang disebut juga sebagai karang gigi.

Ubah Kebiasaan Gosok Gigi Anda

Seperti yang telah kami singgung di atas, menggosok gigi saja tidak cukup sebagai salah satu cara menghilangkan plak pada gigi anak dan orang dewasa. Beberapa perubahan seharusnya dilakukan untuk menambah kualitas kebersihan gigi anda. Pastikanlah cara menggosok gigi anda sudah benar. Jangan terlalu menekan keras permukaan gigi anda ketika menggosok gigi karena hanya akan merusak email pada gigi bahkan melukai gusi anda. Jika perlu gunakanlah benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi anda yang tidak dapat diraih oleh sikat gigi dengan cara biasa. Gunakan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi anda agar lebih maksimal dalam mengatasi gigi yang bermasalah terutama gigi sensitif, berplak, berlubang dan bertartar. Setelah selesai menggosok gigi, jangan lupa berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik untuk memusnahkan kuman dan bakteri dalam mulut penyebab bau tak sedap. Untuk pembersihan gigi secara alami, konsumsilah buah apel bersamaan dengan kulitnya. Buah kaya serat ini secara efektif dapat membantu anda mengatasi karang dan plak pada gigi.(Ayla/Ver)


DMCA.com Protection Status