Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan dan yang Tak Wajar

Setiap orang tentu memiliki rasa takut. Namun menjadi aneh jika kemudian rasa takut itu menjadi tak terkendali sehingga melahirkan fobia. Contohnya ada yang takut pada kerupuk, ada yang takut dengan anak kucing sehingga kemudian lari terbirit-birit begitu melihatnya, dan segala macam ketakutan yang aneh lainnya. Pengidap rasa takut yang tak wajar ini sebetulnya ingin tahu cara menghilangkan rasa takut. Sehingga bisa kembali hidup normal seperti kebanyakan orang. Namun bagaimanakah caranya?

cara menghilangkan rasa takut

(c) shutterstock.com

Jika teman-teman termasuk salah satunya, bisa dicoba tips menghilangkan rasa takut yang dilansir juga oleh laman wikihow.com dan situs-situs popular lainnya berikut ini. Pertama, kita perlu ketahui mengapa kita takut terhadap sesuatu itu. Misalkan kita takut dengan kerupuk, apakah sebenarnya yang membuat kita begitu takut dengannya? Apakah karena bunyinya yang kriuk-kriuk; atau karena bentuknya? Dengan mengenali apa sebab utama yang membuat kita ketakutan, kita bisa coba mulai mengatasinya.

Kita juga coba ingat sejak kapan kita takut terhadap sesuatu itu. Mungkin ada penyebab awal yang membuat kita trauma sehingga mengalami ketakutan seterusnya. Baiknya kita memang minta teman atau psikolog untuk mengorek keterangan ini. Sebab dengan begitu hasil analisanya bisa lebih baik. Misalkan kita takut karena bentuknya, kita bisa coba untuk menggambarkannya di atas kertas. Dengan begitu, kita coba berkenalan dengan objek yang selama ini kita takuti itu. Ternyata setelah kita menggambarkannya, hal itu tak semenakutkan yang kita imajinasikan bukan? Kita baik-baik saja. Tak ada sesuatu apapun yang terjadi pada diri kita. Begitulah tips untuk menghilangkan rasa takut secara bertahap. Kita bisa alihkan terlebih dulu dengan menggambarkannya sendiri, sebelum melihat objeknya secara langsung.

Setelah itu, kita bisa coba cari gambar di internet tentang objek yang kita takuti itu. Carilah gambar yang lucu sehingga terasa menyenangkan. Dengan begitu paling tidak ketakutan kita akan mulai berkurang. Sebab hal yang kita takuti itu ternyata tidak seseram yang ada dalam pikiran kita. Berikutnya mulailah dengan melihat objek tersebut secara langsung namun dari jarak yang cukup jauh. Ternyata kita baik-baik saja bukan? Ulangi hal itu esoknya dengan semakin mendekatkan obyek yang ditakuti hingga akhirnya kita merasa objek yang selama ini kita takuti itu bukan ancaman lagi. Demikianlah cara untuk menghilangkan rasa takut yang tidak wajar secara jitu. Mau mencobanya?(Ayla/Dri)


DMCA.com Protection Status