Cara Menghilangkan Sakit Perut Dengan Sebab Yang Berbeda-Beda

Satu lagi penyakit yang terlalu biasa terjadi di kalangan masyarakat yaitu sakit perut. Rasa mulas, perih, melilit, nyeri dan bahkan mual di bagian perut adalah beberapa tanda atau gejala terjadinya sakit perut. Gejala-gejala tersebut pada dasarnya memiliki pemicu yang berbeda-beda. Dan dengan penyebab sakit perut yang berbeda-beda inilah, cara menghilangkan sakit perut juga bisa berbeda-beda pula. Nah, penyebab sakit perut apa yang biasanya anda ketahui? Beberapa orang berkata bahwa penyebab terjadinya sakit perut bisa diakibatkan oleh nyeri pra dan pasca haid atau ketika masa PMS tiba, magh atau asam lambung, diare, susah buang air besar atau sembelit dan juga kembung karena masuk angin. Tentunya, cara manjur untuk menangani sakit perut yang berbeda-beda ini sangat perlu untuk diketahui.

cara menghilangkan sakit perut saat haid

(c) shutterstock.com

Penyebab sakit perut dan cara menghilangkan

Ada beberapa hal penting yang perlu kita pahami dalam hal ini, salah satunya adalah mengenali penyebab kenapa sakit itu timbul dan kemudian baru memilih cara mana yang akan kita pakai. Silahkan dipelajari dan semoga bermanfaat.

Pastikan penyebab dan temukan obatnya

Ketika seorang wanita sedang menjalani masa haid, biasanya beberapa hari sebelum itu atau ketika masa awal haid, wanita tersebut akan merasakan nyeri pada perut bagian bawah. Hal ini lumrah terjadi sebagai efek dari haid itu sendiri. Jika hal ini yang terjadi pada anda, cara menghilangkan sakit perut saat haid ini adalah dengan meminum yogurt untuk meringankan rasa nyeri sekaligus merubah suasana mood anda yang buruk menjadi lebih baik. Jika rasa sakit di perut anda diakibatkan oleh diare, beberapa jenis obat yang dijual di pasaran dapat sangat membantu anda dalam menghentikan diare beserta mulas yang anda rasakan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi cairan isotonik buatan bernama oralit untuk menjaga tubuh anda terhidrasi dengan baik. Cara menangani sakit perut lainnya dapat dilakukan dengan cara serupa yaitu dengan menentukan penyebabnya sebelum mencari obat yang tepat.

Memanfaatkan buah kapulaga

Sakit perut yang disertai rasa mual dan melilit dapat ditangani secara tradisional dengan mengkonsumsi buah kapulaga. Cara menghilangkan sakit perut melilit ini mudah sekali untuk dicoba. Anda hanya akan membutuhkan beberapa butir buah kapulaga yang direbs terlebih dahulu dengan air hingga mendidih. Setelah matang, tiriskan dan diamkan hingga mendingin sebelum memakannya. Buah ini dipercaya langsung dapat meredakan rasa sakit yang melilit di perut anda.

Minum teh chamomile hangat dan jahe

Beberapa cara menghilangkan sakit perut karena masuk angin yang disertai dengan kembung cukup udah untuk dilakukan. Seduh saja teh chamomile dengan air mendidih, kemudian minumlah selagi hangat untuk meredakan sakit di perut anda. Jika perlu, tambahkan saja beberapa sendok madu di dalam teh hangat tersebut sebagai penambah nutrisi dalam tubuh anda. Selain teh chamomile, minuman hangat nan lezat lainnya yang dapat meredakan sakit pada perut adalah air rebusan jahe. Jika di area rumah anda terdapat ronde, minuman hangat ini bisa dijadikan solusi nyaman sebagai penanganan pertama sakit perut.

Demikian sedikit tulisan dari kami untuk sobat Ayla semuanya tentang cara menghilangkan sakit perut karena berbagai sebab. Semoga tulisan ini bermanfaat buat teman-teman semua. Silahkan share ke social media teman-teman jika dirasa bermanfaat.(Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status