Cara Menghilangkan Sariawan Secara Alami Dengan Cepat Dan Mudah

Sariawan dapat dialami oleh siapapun mulai dari bayi hingga orang tua. Salah satu kelainan yang muncul pada selaput lendir di dalam mulut ini memiliki istilah kedokteran yaitu stomatitis aftosa. Sariawan sendiri secara umum dapat muncul di bibir bagian dalam, lidah, sisi pipi bagian dalam hingga gusi. Pada umumnya, sariawan terasa amat menyakitkan dengan cekungan kemerahan yang dikelilingi tepi berwarna putih kekuningan. Rasa sakitnya bahkan akan lebih dahsyat jika terkena makanan atau minuman yang sedang dikonsumsi. Pemicu terjadinya sariawan sangatlah beragam. Maka dari itu, cara menghilangkan sariawan dengan tepat adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

cara menghilangkan sariawan

(c) shutterstock.com

Pemicu munculnya sariawan

Sebelum mencari tahu cara menghilangkan sariawan secara alami dan modern, mengetahui pemicu utama terbentuknya sariawan di dalam mulut anda adalah hal penting yang harus dilakukan. Pemicu utama yang dapat menyebabkan timbulnya sariawan adalah kekurangan konsumsi vitamin C dan bisa juga karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Pemicu yang paling sering selain kurangnya konsumsi vitamin C adalah ketidaksengajaan anda menggigit daerah-daerah rawan sariawan di dalam mulut anda ketika makan atau berbicara. Berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berminyak, berlemak, pedas dan panas juga dapat memicu terjadinya sariawan di dalam mulut. Ketidakcocokan produk-produk yang sering anda gunakan untuk membersihkan mulut dan gigi ternyata juga dapat mempengaruhi munculnya sariawan di mulut.

Konsumsi obat sariawan

Di jaman modern ini banyak hal sudah menjadi lebih mudah untuk dilakukan, khususnya menemukan obat penyembuh sariawan dan panas dalam. Obat-obatan tersebut biasanya dapat dibeli di apotek dan minimarket terdekat di sekitar anda. Berbagai bentuk obat mulai dari larutan, puyer dan juga pil umumnya dibuat untuk memudahkan para penderita sariawan mengkonsumsinya sesuai dengan keinginan mereka. Asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan, obat-obatan tersebut pasti manjur dalam menyembuhkan sariawan anda. Selain obat sariawan dan panas dalam, anda juga dapat mengkonsumsi vitamin C berupa tablet yang biasanya dilarutkan terlebih dahulu di dalam air untuk diminum. Ada juga vitamin C yang berbentuk tablet hisap yang mudah untuk dibawa kemanapun anda pergi sebagai cara menghilangkan sariawan dengan cepat.

Konsumsi ramuan alami untuk sariawan

Cara menghilangkan sariawan di lidah dan bagian lain di dalam mulut secara alami bahkan bisa menjadi solusi yang lebih ekonomis. Untuk mencegah peradangan pada sariawan anda, jus pisang ditambah dengan madu akan menjadi obat terenak yang bisa anda konsumsi lebih sering setiap hari. Air kelapa yang segar juga alternatif lain yang dipercaya dapat menyembuhkan sariawan anda dan juga mencegah dehidrasi. Ramuan alami lainnya menggunakan garam dan baking soda sebagai campuran ampuh dalam mengatasi sariawan yang meradang. Campurkan garam, baking soda dan air hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan secara teratur pada sariawan anda hingga sembuh secara total. (Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status