Cara Merawat Jerawat Secara Alami Dan Mudah Dilakukan

Memiliki wajah yang berjerawat tentulah sangat tidak mengenakkan. Terlebih saat Anda harus tampil maksimal tetapi muncul jerawat di wajah yang membuat segalanya menjadi tidak sempurna. Cara merawat jerawat yang timbul pun tidak sembarangan dan perlu perhatian khusus. Salah merawat atau memilih obat bisa berakibat timbulnya iritasi atau bahkan jerawat yang timbul akan semakin banyak. Sekarang ini banyak sekali obat jerawat yang beredar di pasaran. Dan hampir seluruh obat tersebut mengandung bahan kimia. Walau tidak membahayakan dan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mengapa Anda tidak melakukan perawatan wajah berjerawat secara alami? Selain tidak mengeluarkan biaya yang besar, Anda dapat terhindar dari efek samping penggunaan obat berbahan kimia.

cara merawat jerawat

(c) shutterstock.com

Sebelum mengetahui cara merawatnya, Anda perlu mengetahui penyebab timbulnya jerawat. Ada berbagai penyebab timbulnya jerawat pada wajah, yaitu pori-pori yang tersumbat, produksi minyak berlebih pada wajah, bakteri, dan sel kulit mati. Penyebab itulah yang harus Anda basmi agar wajah terbebas dari jerawat. Berikut ini adalah beberapa cara merawat jerawat secara alami yang bisa Anda coba:

Jangan memencet jerawat

Walau pun Anda gemas dan ingin segera jerawat hilang, memencet jerawat bukan solusinya. Memencet jerawat justru akan membuat wajah Anda menjadi kemerahan atau bahkan iritasi. Terlebih jika Anda melakukannya dengan tangan yang kotor.

Bersihkan wajah secara teratur

Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah secara teratur. Sisa make up atau kotoran dan debu yang menempel pada wajah hanya akan memperparah jerawat. Oleh karena itu, cucilah wajah menggunakan sabun khusus jerawat setidaknya dua kali sehari. Dengan begitu, wajah akan terbebas dari minyak dan bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Minum air yang cukup

Apakah setiap hari Anda kurang minum air putih dan selalu minum minuman bersoda atau yang lainnya? Hentikan kebiasaan tersebut. Perbanyaklah minum air putih setidaknya delapan gelas sehari. Dengan minum air putih yang cukup, tubuh tidak akan kekurangan asupan air atau dehidrasi dan kering. Selain itu, minum air putih juga dapat dijadikan sebagai detoksifikasi yang bisa mengeluarkan racun yang mungkin menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Istirahat yang cukup

Anda sering bekerja atau bangun hingga larut malam dan kurang tidur? Mungkin ini salah satu penyebab mengapa jerawat Anda tidak sembuh. Kurang tidur membuat kulit wajah lelah. Padahal, kulit juga perlu istirahat. Tidur yang cukup, setidaknya delapan jam sehari, dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan dengan tidur maka sel-sel kulit yang mati dapat hilang karena saat tidur, proses regenarasi atau pergantian sel kulit mati tersebut berjalan.

Memakai masker wajah dari bahan alami

Perawatan tambahan lain untuk mengatasi wajah berjerawat adalah dengan menggunakan masker wajah dari bahan alami. Anda bisa mengoleskan es batu (pastikan bersih dan steril) yang dibungkus kain bersih ke area wajah yang berjerawat dan lakukan beberapa kali hingga jerawat mengempis dengan sendirinya. Selain itu, Anda bisa menggunakan berbagai buah untuk dibuat masker, seperti madu, lemon, tomat, jeruk nipis, dan mentimun. Gunakan secara rutin agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Artikel terkait : cara menghilangkan jerawat

Itulah beberapa cara merawat jerawat secara alami yang dapat Anda lakukan setiap harinya. Selain melakukan perawatan dari luar, jangan lupa melakukan perawatan dari dalam tubuh seperti menjaga pola makan yang sehat dan rajin berolahraga agar jerawat pada wajah bisa teratasi dengan cepat tanpa meninggalkan bekas.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status