Cara Merawat Kuku Kaki Secara Alami Dan Aman

Kuku pada bagian jari kaki pada umumnya lebih mudah rusak dibandingkan dengan kuku pada jari tangan, karena kaki sering diabaikanperawatannya dan penjagaanya, sebab berada pada bagian tubuh yang jauh dari jangkauan. Selain itu kaki sering sekali tertutup oleh sepatu, kaos kaki, atau alas kaku lainnya, sehingga sering sekali terlewat dalam perawatannya.Karena jarangnya merawat kuku kaki, maka kuku pada bagian jari kaki akan mudah rusak. Padahal fungsi kuku kaki sama saja halnya dengan fungsi kuku pada jari tangan, yaitu menjaga saraf-saraf yang ada pada ujung jari.

cara merawat kuku kaki secara alami

(c) shutterstock.com

Jika kuku kaki tidak dirawat dengan baik, maka akan menyebabkan masalah kesehatan dan bau yang tidak sedap. Selain itu jika kuku pada kaki tidak sering dipotong pada saat tersandung akan mengakibatkan cedera pada jari kaki. Oleh karena itu diperlukan beberapa cara merawat kuku kaki yang baik dan benar. Sebenarnya cara merawat kuku kaki hampir sama dengan merawat kuku pada tangan, namun banyak orang yang malas merawat kuku kakinya daripada kuku tangannya.

Beberapa cara merawat kuku kaki secara alami berikut ini dapat sobat lakukan sendiri di rumah karena cukup mudah dan nyata manfaatnya. Cobalah beberapa cara berikut ini :

Menghindari pemakaian alas kaki yang terlalu sesak

Untuk menghindari kerusakan pada kuku kaki, sebaiknya menghindari memakai alas kaku yang terlalu sesak. Ini karena kuku kaki akan mudah terinfeksi apalagi jika kuku tersebut sedang mengalami kerusakan jika dipaksa untuk akan menambah kerusakan pada kuku.

Mengkonsumsi kalsium

Cara merawat kuku kaki berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi kalsium.Dengan banyak mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kalsium, maka akan merawat kuku kaki agar tidak mudah rapuh. Makanan yang banyak mengandung kalsium seperti telur, susu, daging merah, dan sayuran hijau.

Merendam kaki dalam air garam

Air garam dapat berfungsi untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri.Selain itu, air garam juga dapat membantu menghindari kuku dari kerusakan.Rendamlah kaki dalam air garam hangat untuk menghindari infeksi pada kuku kaki, dan menghilangkan bau tidak sedap karena kotoran pada jari-jari kaki.Lakukanlahcara merawat kuku kaki ini secara rutin.

Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kuku agar terlihat bersih.Selain membersihkan kuku, kandungan astrigen pada jeruk nipis juga dapat menghilangkan warna kusam pada kuku kaki setelah mengalami kerusakan.

Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat membantu kuku kaki lebih kuat dan tidak mudah rapuh.Cara merawat kuku kaki dengan minyak zaitun sangat mudah, yaitu dengan merendam kaki pada air yang sudah dicampur dengan minyak zaitun setiap seminggu sekali. Selain kuku akan tidak mudah rapuh, penggunaan minyak zaitun juga dapat membuat kuku tampak mengkilat dan terhindar dari pertumbuhan bentuk kuku kaki yang buruk.

Demikian informasi tentang cara merawat kuku kaki secara alami ini, semoga dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status