Cara Merawat Muka Dengan Produk Kosmetik Wajah Modern

Bagi sebagian Anda yang mengikuti tren kecantikan, tentu sudah mengenal dengan berbagai macam produk kosmetik modern yang saat ini sudah banyak sekali dijual di pasaran. Banyaknya pilihan yang ditawarkan membuat Anda menjadi bingung untuk menentukan mana yang akan Anda gunakan sebagai perawatan muka sehari-hari. Tidak cocok dengan yang satu, Anda akan beralih ke yang produk yang lain. Tapi tahukah Anda bahwa cara merawat muka dengan menggunakan produk kosmetik yang berganti-ganti justru bisa membahayakan muka Anda?

cara merawat muka

(c) shutterstock.com

Cara merawat wajah dengan menggunakan kosmetik modern saat ini memang sudah menjadi hal yang umum bagi wanita Indonesia. Berikut ini adalah beberapa referensi kosmetik yang bisa Anda gunakan untuk merawat muka Anda sehari-hari:

Susu pembersih muka

Wajah yang kotor karena pemakaian kosmetik atau make up dan terkena debu saat Anda berada di luar ruangan tentu harus segera dibersihkan agar bakteri dan kuman yang menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo hilang. Susu pembersih muka inilah yang bisa membantu membersihkan kotoran tersebut. Gunakanlah susu pembersih secukupnya ke muka sehabis Anda memakai make up atau bepergian.

Penyegar muka

Penyegar muka atau yang biasa disebut toner muka ini wajib untuk Anda miliki. Selalu gunakan toner sebelum Anda memakai bedak muka. Penggunaan toner ini bertujuan agar pori-pori muka Anda tertutup sehingga bedak yang Anda gunakan tidak menyumbat pori-pori muka.

Sunblock

Sunblock wajah juga harus Anda gunakan jika sedang bepergian, terutama ke tempat-tempat yang memancarkan sinar matahari yang menyengat. Sinar UV dari matahari yang mengenai muka Anda bisa membuat muka Anda menjadi kering, kusam, dan cepat berkeriput. Anda bisa menggunakan sunblock setelah pemakaian krim pagi Anda sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah sunblock dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sabun muka

Sabun muka berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel di muka Anda. Cucilah muka Anda dengan menggunakan sabun muka. Jika Anda memakai make up atau bepergian, Anda bisa membersihkan muka dengan susu pembersih dahulu, kemudian mencuci muka menggunakan sabun. Pilihlah sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit muka Anda.

Masker muka

Banyak sekali kegunaan masker untuk wajah untuk kesehatan muka Anda. Masker muka bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat, menghilangkan komedo, memutihkan wajah, hingga mencerahkan wajah. Saat ini sudah banyak produk kosmetik yang mengeluarkan masker muka dengan kemasan yang praktis. Mulai dari masker yang berbentuk bubuk, cair, atau pun tisu yang bisa langsung Anda gunakan. Pilihlah masker sesuai dengan kebutuhan Anda.

Krim mata dan krim anti-aging

Kedua jenis krim ini merupakan krim tambahan yang tidak wajib untuk Anda gunakan. Tapi tidak ada salahnya jika Anda menambahkan krim ini sebagai bentuk perawatan muka sejak dini. Krim mata digunakan untuk mengurangi kerutan yang biasa muncul di bagian sekitar mata. Sedangkan krim anti-aging digunakan untuk mencegah kerutan yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Itulah beberapa cara merawat muka dengan menggunakan kosmetik modern. Jelilah dalam memilih produk kosmetik yang Anda gunakan. Jangan termakan omongan iklan dan harga murah yang ditawarkan. Harga produk kosmetik yang mahal atau pun murah tidak berarti apabila produk tersebut tidak cocok digunakan untuk kulit muka Anda. Yang terpenting, pilihlah kosmetik perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok untuk muka Anda. Segera hentikan pemakaian jika terjadi iritasi atau banyak jerawat yang timbul akibat pemakaian produk tersebut.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status