Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang

Bagaimana cara merawat rambut kering dan juga mengembang agar lebih rapi dan sehat, kita akan sama-sama membahasnya melalui artikel ini. Rambut yang lebat, sehat, indah dan terawat tentu saja menjadi dambaan dari setiap wanita. Tetapi terkadang banyak faktor yang kemudian membuat rambut kita menjadi rusak. Faktor-toktor itu diantaranya adalah adanya kondisi rambut rontok, kemudian rambut yang bercabang dan juga rambut kering dan mengembang.

Langkah awal cara merawat rambut kering dan mengembang

Permasalahan rambut rusak ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya adalah terlalu lama rambut kita terkena paparan sinar matahari, kemudian adanya banyak zat kimia yang menempel sebagai akibat dari berbagai produk untuk perawatan rambut dipasaran yang kita beli tanpa memeriksa keamanannya, dan bisa juga karena adanya kesalahan didalam kita memperlakukan rambut sehari-hari. Untuk itulah sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara merawat rambut kering dan mengembang ini.

cara merawat rambut kering dan mengembang

Bagaimana cara merawat rambut kering dan mengembang

Kemudian tentu kita bertanya-tanya, bagaimana sih cara perawatan rambut sehari-hari yang baik dan benar supaya rambut kita tidak rusak, tidak kering mengembang, rontok dan bercabang ? Baik, mari kita coba simak beberapa tips yang banyak direkomendasikan seputar cara merawat rambut kering berikut ini

Tips dan cara merawat rambut kering dan mengembang

1) Bersihkan rambut secara rutin

Bersihkanlah rambut kita secara rutin setiap hari atau setidaknya 2 hari sekali dengan menggunakan shampo lembut dan ringan yang mengandung banyak vitamin E, periksalah dalam kemasannya. Vitamin E ini dikenal sangat bagus guna membantu memperbaiki rambut rusak. Yang perlu diperhatikan adalah selalu pastikan bahwa kita benar-benar membilas shampoo dengan bersih setelah keramas dengan menggunakan air dingin.

2) Pakailah kondisioner rambut

Cara merawat rambut kering yang juga banyak direkomendasikan adalah secara rutin 1 X didalam seminggu, kita pakai kondisioner setelah kita keramas dengan menggunakan shampo. Pakailah setelah keramas dan diamkan kurang lebih 7 sampai dengan 10 menit dan segera bilas. Selalu pastikan bahwa tidak ada lagi sisa kondisioner setelah kita membilas rambut. Pada saat kita menggunakan kondisioner ini, maka pastikan agar tidak mengenai bagian kulit kepala kita karena hal ini kan membuat kondisi rambut lepek serta berminyak.

3) Minyak alami untuk melembutkan

Teman teman bisa menggunakan minyak alami yang banyak macamnya pada rambut untuk mendapatkan kelembutan. Minyak yang umum dipakai adalah minyak kelapa, kemudian minyak dari bunga matahari dan juga minyak almond. Seperti telah kami sampaikan bahwa fungsi utamanya dari minyak ini adalah untuk meningkatkan dan mendapatkan kelembutan dan kehalusan pada rambut kita. Cara pakainya adalah dengan mengaplikasikan jenis minyak alami yang kita pilih pada rambut kita sesaat setelah keramas, kemudian bungkuslah rambut kita dengan handuk yang hangat, dan diamkan selama 15 – 20 menit, setelah itu maka bilaslah rambut sampai benar-benar bersih.

4) Minyak Zaitun

Dalam 2 minggu 1 kali coba aplikasikanlah minyak zaitun yang hangat di rambut kita yang basah sesaat sebelum kita berkeramas. Diamkan selama 5 menit, dan kemudian berkeramaslah menggunakan shampo yang biasa kita pakai seperti biasa. Guna menghangatkan dari minyak zaitun ini teman-teman bisa menggunakan microwave.

5) Manfaatkan cuka apel

Cara merawat rambut kering lainnya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari cuka apel, bahan ini bisa membantu mengurangi rambut rusak secara permanen dan juga mampu membuat rambut menjadi jauh lebih halus. Cara pakainya sangat sederhana yaitu, cukup campurkan 0,5 cangkir cuka apel, 1 sendok makan minyak gandum dan 2 cangkir air. Kemudian oleskanlah campuran itu tadi ke rambut kita setelah keramas, pada saat rambut kita masih basah. Kemudian diamkanlah selama kurang lebih 10 menit, dan segera bilas sampai benar-benar bersih tanpa menggunakan shampoo. Perlu diperhatikan bahwa untuk membantu menghilangkan aroma dari cuka apel yang menyengat, kita bisa menggunakan kondisioner dibagian rambut. Teman-teman bisa melakukan perawatan rambut ini 1 X sehari, guna mendapatkan hasil yang maksimal.

6) Mayones juga bisa membantu

Benarkah mayones juga bisa dimanfaatkan untuk melembutkan rambut ? berikut ini adalah penjelasan yang bisa kami rangkum dari berbagai sumber. Asam lemak yang ada pada mayones itu juga berfungsi untuk membantu melembutkan rambut sekaligus meningkatkan minyak yang alami pada rambut. Lalu cara menggunakannya adalah setelah kita keramas kemudian keringkanlah rambut dengan handuk yang bersih, seteah itu oleskan 1 sendok makan dari mayones pada area rambut dan kemudian bungkuslah rambut kita dengan menggunakan shower cap, bisa juga dengan handuk hangat. Kemudian biarkanlah mayones ini meresap tuntas kedalam rambut kita selama 12 – 15 menit. Baru setelah itu bilaslah dengan menggunakan shampo lembut, shampo bayi ataupun herbal.

7) Gel Lidah Buaya

Untuk mendapatkan tampilan rambut yang wet look, maka pakailah gel aloe vera, ini lebih baik daripada gel rambut biasa. Aloe vera yang murni dimana padanya tidak ada kandungan alkohol bisa membantu dengan cepat memperbaiki rambut. Bahan Gel aloe vera ini bisa kita temukan di toko-toko kecantikan dan juga obat terkemuka dikota kita.

cara-merawat-rambut-kering

8) Vitamin B

Ada baiknya juga secara rutin mengonsumsi vit B kompleks. Kandungan biotin yang ada pada vit B kompleks ini akan membantu dalam menguatkan rambut. Kita bisa mendapatkan kandungan vit B kompleks pada telur, dan juga kacang-kacangan serta pisang.

9) Menyisir Rambut

Gunakanlah sisir rambut yang bergigi lebar guna menyisir rambut kita. Tidak perlu kita menyisir rambut terlalu sering dan berkali-kali, sesekali cukup sehingga rambut kita tidak kusut dan tertata lagi.

10) Hindari menggosok-gosok kepala

Saat kita mengeringkan rambut, ada baiknya remas-remaslah rambut kita dengan menggunakan handuk dan jangan menggosoknya terlalu keras dengan handuk. Tindakan menggosok rambut ini akan menyebabkan gesekan keras pada rambut yang bisa membuat kerusakan serius pada lapisan rambut terluar.

11) Minimalkan pemakaian hairdryer

Sebisa mungkin minimalkan atau bahkan hindari penggunaan pengeringan rambut menggunakan cara dipanaskan. Pengeringan rambut cara ini bisa membuat rambut kita menjadi stres dan berujung pada terjadinya kerusakan rambut. Sebaiknya keringkanlah rambut kita dengan cara iangin-anginkan atau dikipasi.

12) Memotong rambut secara rutin

Informasi yang berhasil kami kumpulkan khusus tentang rambut bercabang menyimpulkan bahwa selain pengobatan dari dalam dan luar dengan berbagai resep yang sudah ada maka potong rambut secara rutin adalah solsusi lain yang harus dilakukan. Atau dengan kata lain cara mengatasi rambut bercabang ini adalah dengan secara rutin memotongnya.

Catatan kami tentang cara merawat rambut kering dan mengembang

Selain menggunakan cara-cara yang telah kami sajikan diatas maka pilihan untuk menggunakan pilihan paket produk perawatan rambut yang banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan kosmetik juga bisa teman-teman pilih. Tetapi penting diperhatikan dalam pemilihannya adalah perhatikan ijin edarnya, pilih produk yang sudah cukup banyak dikenal luas dan banyak direkomendasikan.


DMCA.com Protection Status