Cara Merawat Rambut Kering Dan Rusak

Rambut indah, sehat dan bercahaya merupakan dambaan setiap wanita. Sayangnya, pola makan, stress, lingkungan dan sinar matahari dapat mengurangi keindahan rambut dan membuatnya kering dan rusak. Kerusakan rambut ini disebabkan oleh beberapa faktor antara seperti terpaan sinar matahari yang terlalu lama, penggunaan produk rambut yang salah atau pemakaian kosmetik rambut yang terus menerus.  Perawatan rutin diperlukan untuk mengembalikan kondisi rambut yang rusak. Jika rambut Anda mengalami kekeringan dan kerusakan, berikut beberapa tips cara merawat rambut kering dan rusak agar kembali lembab dan sehat.

Cara merawat rambut_3

4 cara merawat rambut kering dan rusak

1. Pembersihan Rambut

Rambut yang kering dan rusak harus dibersihkan dengan shampoo khusus yang mengandung minyak alami, vitamin E dan bahan-bahan pelembab. Bersihkan rambut setiap dua hari sekali, beri pijatan lembut pada kulit kepala dengan gerakan melingkar untuk memperlancar peredaran darah. Pastikan sisa shampoo tidak tertinggal di rambut ketika membilasnya. Pembilasan yang kurang baik dapat menyebabkan akumulasi bahan kimia pada batang rambut dan kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe dan kekeringan rambut yang makin parah. Ini adalah cara merawat rambut yang pertama.

2. Penggunaan Kondisioner

Rambut yang kering dan rusak sangat dianjurkan untuk menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner berfungsi untuk memberikan kelembaban yang dibutuhkan rambut dan menjaga batang rambut agar selalu sehat. Setelah keramas, peras rambut perlahan hingga airnya tidak menetes lagi; atau gunakan handuk dengan cara ditekan-tekan ringan agar airnya meresap ke handuk. Setelah itu, oleskan kondisioner pada batang rambut. Hindari mengoleskan kondisioner pada kulit kepala karena hanya akan membuat rambut menjadi lepek. Diamkan kondisioner sekitar 10 menit sebelum dibilas.

3. Penggunaan Produk Perawatan Rambut

Saat ini tersedia berbagai produk perawatan rambut yang khusus diperuntukkan bagi rambut kering dan rusak. Produk-produk tersebut antara lain, masker rambut, serum rambut hingga vitamin rambut dalam bentuk minyak yang dioleskan ke kulit kepala. Semua produk ini bertujuan memberikan nutrisi tambahan bagi rambut hingga terhindar dari kerusakan. Gunakan masker rambut seminggu sekali, pilih masker yang khusus untuk rambut kering. Serum rambut bisa diaplikasikan setiap sesudah keramas. Vitamin rambut bisa dioleskan ke kulit kepala dua atau tiga kali seminggu sebelum tidur.

4. Hindari Perawatan Rambut Yang Salah

Menggosok rambut dengan handuk, menyisir rambut dalam keadaan basah, menggunakan pengering rambut terlalu sering adalah hal-hal yang dapat merusak kekuatan rambut itu sendiri. Rambut jadi mudah patah dan rontok atau bahkan bercabang. Remas rambut dengan handuk setelah keramas, dan bukan menggosoknya. Gunakan sisir bergigi jarang jika rambut dalam keadaan basah. Hindari penggunaan hari dryer atau catok pelurus/pengeriting rambut jika tidak diperlukan atau semprotkan hair protection yaitu minyak khusus untuk rambut agar terhindar dari panas berlebihan dari alat-alat tersebut. Perawatan yang salah dapat memperparah kondisi rambut Anda.

Kesimpulan tentang cara merawat rambut kering dan rusak

Cara merawat rambut kering dan rusak dalam prakteknya dimulai dari pembersihan dengan shampoo dan conditioner, lalu dilanjutkan dengan penggunaan masker, serum atau vitamin. Selain itu perlu juga diperhatikan asupan gizi dan juga perlakuan keseharian agar rambut tidak kembali rusak setelah dirawat dengan baik.


DMCA.com Protection Status