Cara Merawat Wajah Berjerawat Secara Alami

Faktor stress atau pengaruh lingkungan sangat memudahkan seseorang terkena jerawat. Sebenarnya, jerawat sendiri bukanlah penyakit yang serius. Namun, jika tidak segera ditangani lama kelamaan dapat merusak kulit wajah. Tak hanya itu, jerawat di wajah membuat seseorang minder untuk bertemu orang banyak. Wajah berjerawat, terlihat sangat kotor dan kusam. Oleh karena itulah, penting sekali untuk merawat wajah berjerawat agar jerawat dapat diatasi dengan mudah.

Merawat wajah berjerawat

Cara merawat wajah

Untuk kulit berjerawat, memerlukan perawatan yang tepat agar jerawat tidak semakin memburuk. Nah, bagaimana caranya? Berikut ini cara merawat wajah yang sederhana tetapi hasilnya cukup bagus

Perbanyak minum air putih

Kadar lemak berlebih merupakan salah satu pemicu wajah berjerawat. Oleh karena itulah, kita perlu mengontrol asupan kadar lemak berlebih serta melancarkan peredaran darah dengan cara perbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih tak hanya berperan sebagai penghilang dahaga saja, tetapi juga mampu untuk mengusir jerawat secara alami.

Hindari konsumsi makanan berlemak tinggi

Jerawat akan segera hilang, jika kita bisa mengontrol asupan makanan penyebab jerawat. Ya, salah satu faktor terpenting pemicu jerawat adalah makanan. Kadar lemak tinggi dalam asupan makanan yang dikonsumsi menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan berlemak seperti gorengan, daging jeroan, bakso, dan kacang-kacangan.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Salah satu cara mengatasi jerawat adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Konsumsi sayuran dan buah-buahan tak hanya mengurangi kadar lemak di dalam tubuh, tetapi juga dapat berperan sebagai antioksidan penting yang dapat menghilangkan jerawat secara efektif.

Tentukan pembersih wajah khusus wajah berjerawat

Jika Anda ingin lebih simpel dan praktis untuk merawat wajah berjerawat, sebaiknya tentukan pembersih wajah dengan formula khusus muka berjerawat. Gunakan produk cleanser alcohol-free, dan gunakan juga produk cleanser sesuai dengan tipe kulit Anda.

Hindari membersihkan wajah secara berlebihan

Jangan karena alasan berjerawat, sehingga Anda membersihkan wajah terus-menerus. Hal ini justru akan berdampak negatif bagi kulit wajah. Biasanya semakin sering membersihkan wajah, semakin memicu timbulnya jerawat di wajah.

Hindari mengganti-ganti produk kecantikan

Tidak semua kulit dapat menerima semua produk kecantikan. Apalagi jika kulit Anda merupakan jenis kulit sensitif, sehingga tidak mudah untuk beradaptasi dengan berbagai jenis produk. Upayakan jika sudah cocok dengan satu produk, Anda tetap memakai produk itu. Karena menggonta ganti produk kecantikan dapat memicu jerawat semakin banyak.

Gunakan masker madu

Jika Anda lebih percaya pada bahan-bahan alami, maka Anda bisa menggunakan madu untuk dijadikan masker. Madu memiliki banyak khasiat, selain untuk kesehatan juga berkhasiat untuk membersihkan kulit wajah dari jerawat. Caranya sangat mudah, yaitu cukup mengoleskan madu pada wajah berjerawat secara merata.Setelah itu, diamkan sekitar 15 menitan hingga masker kering. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Gunakan masker mentimun

Tak hanya madu, salah satu jenis lalapan yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk merawat wajah berjerawat. Ya, mentimun memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kulit wajah. Untuk memanfaatkan mentimun ini, caranya cukup menempelkan potongan buah mentimun pada wajah berjerawat. Mentimun, selain dapat menghilangkan jerawat juga bisa menghilangkan noda jerawat di wajah.

Cara merawat wajah berjerawat

Wajah berjerawat, terlihat sangat kotor dan kusam sangat menggangu penampilan. Oleh karena itulah, penting sekali untuk memahami cara merawat wajah berjerawat agar segala persoalan wajah termasuk jerawat dapat diatasi dengan mudah. Teman-teman bisa memilih produk kecantikan modern untuk mengatasinya atau bisa juga dengan cara alami.


DMCA.com Protection Status