Cara Merawat Wajah Berminyak agar Tidak Berjerawat

Bukan rahasia lagi kalau wajah berminyak sering menjadi penyebab timbulnya jerawat. Sebab itulah kita perlu mengendalikan minyak di wajah kita agar tidak menjadi lahan subur bagi jerawat. Sebetulnya minyak itu juga membantu kulit muka tetap sehat. Namun jika berlebihan tentu akibatnya tidak baik. Bukan saja jerawat yang bisa muncul, namun juga wajah jadi tak sehat. Untuk itu, kita perlu praktekkan cara merawat wajah berminyak yang benar supaya produksi minyak di wajah dapat dikendalikan. Bagaimanakah caranya? Berikut sebuah tulisan menarik dari beberapa sumber termasuk lansiran laman webmd.com beberapa waktu yang lalu.

cara merawat wajah berminyak

(c) shutterstock.com

Tips perawatan wajah berminyak dan berjerawat

Yang perlu kita lakukan adalah dengan rutin membersihkan wajah. Kita bisa gunakan cleanser untuk membersihkan wajah berminyak dan berjerawat. Kita bersihkan dengan pembersih wajah pada pagi dan malam hari. Sebaiknya hindari penggunaan sabun untuk membersihkan wajah. Sebab sabun justru meningkatkan produksi minyak di wajah. Pastikan juga menggunakan kain pembersih muka yang halus. Menggunakan tisue untuk wajah juga cara yang baik. Usapkan secara lembut agar tidak merangsang keluarnya minyak.

Jika dirasa wajah berminyak dan berjerawat kita tak cukup diatasi dengan pembersih wajah, kita bisa coba menggunakan produk pembersih wajah yang “lebih keras”, karena biasanya ini mengandung benzoil peroksida, asam salisilat atau asam glikolat maka kita harus berkonsultasi dulu sebelumnya dengan konsultan kecantikan kita. Jika diperbolehkan maka kita tetap perlu mencoba terlebih dulu dengan membeli produk yang berukuran paling kecil. Gunanya untuk mengetahui apakah produk ini memang cocok untuk wajah kita. Sebab jika tidak cocok, justru bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk itu, kita perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit berminyak yang tepat.

Cara untuk merawat wajah yang berminyak lainnya yang bisa dicoba asalkan dengan ppenadmpingan konsultan adalah adalah dengan menggunakan toner (cairan khusus pembersih minyak). Pakailah toner wajah ini hanya pada bagian yang berminyak dan hindari untuk menggunakannya pada bagian kulit yang kering. Sebab dikhawatirkan akan mengiritasi kulit. Dengan merawat wajah kita yang berminyak dengan baik, maka pertumbuhan jerawat pun bisa dihindarkan. Yang terpenting, kuncinya jangan sampai kulit kita sampai keluar minyak berlebihan. Jika itu bisa dilakukan, maka jerawat pun akan sulit untuk bisa tumbuh. Tak percaya? Mari kita buktikan saja dengan menjaga kebersihan wajah dan minyak di wajah agar tak berlebihan. Maka wajah pun akan terbebas dari jerawat yang menjengkelkan itu.

Catatan tentang tips perawatan wajah berminyak dan berjerawat

Cara merawat wajah berminyak dan kusam kemudian agar putih dan tidak berjerawat juga komedo secara alami baik untuk pria dan wanita sangat mudah sekali ditemukan tips nya di internet. Yang paling penting adalah konsultasikan dulu sebelum digunakan dengan teman lain yang berpengalaman atau dengan konsultan kecantikan di salon and spa pilihan sobat Ayla semuanya. Kemudian jangan lupa juga lakukan tes iritasi di awal sebelum langsung dipakai, silahkan cari artikel kami tentang hal ini jika belum tahu caranya. Semoga artikel ini cukup membantu dan salam cantik buat teman-teman semua.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status