Cara Merawat Wajah Berminyak Dan Berjerawat

Memiliki wajah yang berminyak dan berjerawat sangat tidak menyenangkan, khususnya bagi para wanita yang selalu ingin tampil menawan. Kulit yang berminyak dan berjerawat yang membuat wajah terlihat kotor dan kusam disebabkan oleh banyak faktor antara lain faktor genetik, faktor hormon, penggunaan kosmetik yang salah, kebersihan kulit yang tidak terjaga, kurang nutrisi hingga stress yang tidak tertangani. Oleh karena itu, agar dapat mengurangi minyak dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah dengan tuntas, perlu diketahui dulu apa faktor utama yang menjadi penyebabnya. Setelah itu barulah kita mulai mencari tips dan cara merawat wajah berminyak dan berjerawat yang paling sesuai untuk diri kita masing-masing.

cara merawat wajah berminyak dan berjerawat

Cara merawat wajah berminyak dan berjerawat dengan mudah

Berikut adalah langkah-langkah perawatan rutin dalam serangkaian kegiatan cara merawat kulit wajah berminyak dan berjerawat

1. Pembersihan

Ini merupakan langkah terpenting dari seluruh proses perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat. Secara umum, cleansing milk adalah pembersih yang benar-benar bisa diandalkan karena memiliki kandungan pembersih yang mampu menghilangkan kotoran hingga ke pori-pori wajah. Akan tetapi, untuk kulit berminyak dan berjerawat, penggunaan cleansing milk tidak begitu dianjurkan. Ini karena, biasanya cleansing milk memiliki kandungan minyak yang tinggi. Penggunaan sabun wajah dan toner lebih dianjurkan untuk membersihkan kulit berminyak dan berjerawat.

2. Pelembab

Pelembab juga diperlukan meski wajah kita berminyak dan berjerawat. Pilih pelembab yang memiliki kandungan dasar air karena lebih ringan. Setelah membersihkan wajah dengan sabun muka dan toner, oleskan pelembab tipis-tipis agar mudah diserap oleh kulit dan tidak membuat wajah makin berminyak. Untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat, setelah menggunakan pelembab, oleskan obat jerawat tipis-tipis hanya pada jerawat, jadi bukan pada keseluruhan kulit wajah. Jika tidak akan keluar rumah, tak perlu menggunakan bedak karena hanya akan menyumbat pori. Jika ingin menggunakan bedak, pilih bedak tabur dan oleskan tipis-tipis saja.

3. Perawatan Mingguan

Untuk perawatan mingguan, kulit berminyak dapat menggunakan scrub atau peeling yang lembut untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati agar tidak menumpuk di permukaan kulit dan membuat kulit menjadi terlihat kusam. Akan tetapi, hindari bagian yang berjerawat karena hanya akan memperparah kondisinya. Jika jerawat di wajah cukup banyak, sebaiknya tidak menggunakan scrub atau peeling untuk menghindari luka dan infeksi yang lebih serius.

4. Masker

Masker wajah dapat digunakan setelah penggunaan scrub atau peeling. Gunakan masker khusus untuk wajah berminyak dan berjerawat atau buat sendiri dari bahan-bahan alami seperti jeruk nipis, mentimun atau yogurt. Jeruk nipis sudah sejak lama diketahui sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, karena sifat asamnya dapat membuat kulit terasa perih, maka pastikan dulu bahwa jerawat di wajah Anda tidak dalam keadaan terbuka. Selain jeruk nipis, mentimun juga sangat berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Gunakan secara rutin sebagai masker alami untuk wajah berminyak dan berjerawat.

Dengan menerapkan 4 langkah cara merawat wajah berminyak dan berjerawat ini semoga permasalahan yang kita hadapi seputar jerawat yang selalu menjengkelkan ini bisa segera teratasi.

Catatan kami tentang cara merawat wajah berminyak dan berjerawat

Cara merawat wajah berminyak dan berjerawat yang paling utama sebetulnya terletak pada bagaimana kita bisa disiplin dan teratur untuk selalu menjaga kebersihan wajah kita dan menjaga pola makan. Dengan melakukan pembersihan rutin dengan sabun wajah dan toner setiap hari akan membantu menghambat tumbuhnya jerawat dan akan mengurangi kadar minyak berlebih di wajah kita.


DMCA.com Protection Status