Cara Merawat Wajah Berminyak Dengan Masker Alami

Setiap wanita pasti menginginkan wajah dengan kulit yang normal. Memiliki wajah dengan kulit kering, sensitif, atau pun berminyak mengharuskan wanita untuk melakukan perawatan wajah secara ekstra. Wajah berminyak misalnya. Kulit wajah yang memproduksi terlalu banyak minyak bisa membuat wajah terserang jerawat atau pun komedo. Hal ini dikarenakan penumpukan minyak yang terjadi di wajah sehingga menimbulkan jerawat dan komedo. Cara merawat wajah berminyak tentu saja dengan cara merawat wajah sensitif atau kering.

cara merawat wajah berminyak

(c) shutterstock.com

Cara mengatasi wajah berminyak

Cara terbaik untuk mengatasi wajah berminyak adalah dengan melakukan perawatan wajah secara benar untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih. Di bawah ini adalah beberapa cara merawat wajah berminyak secara alami dengan masker buah-buahan yang bisa Anda coba untuk dilakukan.

Mentimun atasi minyak berlebih

Zat astringent yang terkandung dalam mentimun dipercaya bisa mengatasi minyak berlebih di wajah Anda. Dengan menempelkan irisan mentimun di wajah dan didiamkan selama 15 menit, minyak di wajah bisa berkurang. Selain menggunakan irisan mentimun, Anda juga bisa menumbuk mentimun sehingga menjadi butiran-butiran kecil yang kemudian dibalurkan ke seluruh wajah dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Jeruk nipis kurangi minyak di wajah

Siapa sangka jeruk nipis bisa dijadikan sebagai masker untuk mengurangi minyak berlebih di wajah? Perawatan wajah menggunakan jeruk nipis ini sebenarnya bukanlah cara yang baru karena sejak jaman dulu, nenek moyang kita sudah menggunakan jeruk nipis untuk perawatan wajah mereka. Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini bisa menghaluskan dan meremajakan kulit, dan mengurangi minyak berlebih di wajah tentunya. Ada dua cara penggunaan masker ini. Yang pertama irisan jeruk nipis dicampurkan dengan putih telur dan kemudian dipakaikan ke wajah. Tunggu hingga kering dan bilas hingga bersih. Yang kedua adalah dengan memakai perasan air jeruk nipis. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan perasan air tersebut ke wajah dan tunggu hingga kering, kemudian bilas hingga bersih.

Kaya manis dan madu cegah minyak berlebih

Masker ini merupakan perpaduan antara kayu manis yang berbentuk bubuk dan madu. Kandungan kayu manis dan madu ini dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dan minyak berlebih di wajah. Cara membuatnya sangat sederhana. Cukup dengan mencampurkan satu sendok teh kayu manis bubuk dan dua sendok teh madu, kemudian dibalurkan ke wajah dan tunggu hingga 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Wortel menghilangkan minyak di wajah

Selain menyehatkan mata, wortel juga bisa menjadi obat untuk mengilangkan jerawat dan kandungan minyak berlebih di wajah. Caranya, hancurkan wortel (bisa ditumbuk atau di blender) dan kemudian campurkan dengan sedikit madu. Balurkan ke wajah dan tunggu beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Atasi minyak berlebih dengan Strawberry mengatasi

Buah berwarna merah yang memiliki kandung vitamin C lebih banyak dari jeruk ini ternyata ampuh untuk mengatasi masalah wajah berminyak. Caranya, hancurkan beberapa buah strawberry (jangan di blender), kemudian saring sehingga mendapat sari buahnya. Kemudian campurkan dengan madu dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

Itulah beberapa cara merawat wajah berminyak dengan masker alami. Selain melakukan perawatan dari luar, lakukan juga perawatan dari dalam. Jangan banyak memakan makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak. Makanan-makanan tersebut bisa membuat pori-pori tersumbat yang mengakibatkan produksi minyak di wajah menjadi berlebihan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin mengatasi wajah berminyak dengan menggunakan bahan yang alami.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status