Cara Merawat Wajah Berminyak untuk Mencegah Jerawat dan Komedo di Muka

Cara merawat wajah berminyak memang tidak sederhana, karena kulit kita yang berminyak ini memang memerlukan perhatian dan perawatan khusus. Berbeda dengan kulit normal atau kering ada beberapa poin penting yang harus serius diperhatikan bagi teman-teman yang memiliki kulit berminyak ini. Kulit beminyak ini tampak jelas tanda-tandanya yaitu kulit yang mengkilap, terkesan sedikit kusam, serta warna dari kulit asli terlihat cukup mencolok. Terlebih bagi teman-teman yang memiliki kulit asli warna gelap maka yang terjadi adalah kulit teman-teman akan terlihat lebih gelap lagi. Dan bagi yang memiliki kulit putih, yang terjadi adalah kulit akan terlihat menjadi putih mengkilap.

cara merawat wajah berminyak

(c) shutterstock.com

Kenapa hal ini terjadi dan kenapa cara merawat wajah berminyak seperti ini perlu teman-teman ketahui ? Hal ini dikarenakan produksi dari kelenjar minyak di kulit wajah kita berlebih dan sangat aktif yang menyebabkan kulit kita menjadi tampak mengkilap. Nah, umumnya kita yang memiliki masalah kulit berminyak ini jika diperhatikan pasti pori-pori kulitnya besar.  Faktor penyebab kulit berminyak ini ada beberapa, antara lain faktor kebersihan, cuaca dan gen atau keturunan. Untuk faktor makanan sampai saat ini masih banyak diperdebatkan, ada yang mengatakan berpengaruh, tetapi ada juga yang mengatakan tidak.

Teman-teman harus memahami cara merawat wajah berminyak ini! Karena untuk kita yang memiliki jenis kulit berminyak ini sangat rawan dan mudah sekali terkena masalah jerawat dan juga komedo yang sangat menggangu. Hal ini dikarenakan banyaknya kotoran dan debu yang begitu mudahnya menempel pada wajah kita yang berminyak serta memiliki pori-pori besar.  Oke, sekarang saatnya sobat Ayla mengetahui bagaimana cara mencegah munculnya ganguan jerawat serta komedo, berikut ini akan kami sajikan beberapa cara sederhana dan mudah untuk menghalau ganguan tersebut.

Cara merawat muka berminyak yang pertama adalah dengan secara rutin mencuci wajah minimal 2X dalam 1 hari. Cucilah wajah kita di pagi hari serta malam hari. Boleh juga ditambakan setiap kali setelah melakukan aktifitas diluar. Dalam hal ini selalu pakailah sabun wajah yang khusus diperuntukan untuk kulit berminyak. Perhatikan selalu komposisi dalam prosuk sebelum kita memebeli sabun untuk wajah atau facial foam ini. Pilihlah produk yang mengandung bahan alami yang memang baik untuk membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Jangan membeli produk yang mengandung banyak alkohol, hal ini akan membuat kulit kita pecah-pecah dan kering tetapi tidak terkesan cantik kulitnya.

Cara merawat muka berminyak yang kedua, selalu pakailah pelembab wajah setelah mencuci muka, atau bisa juga memakai tabir surya untuk dipagi hari karena tentunya setelah itu sobat Ayla akan banyak beraktifitas diluar ruangan. Sama halnya dengan facial foam ada abaiknya pilihlah produk pelembab yang berbahan dasar alami dan memang dikhususkan untuk kulit yang berminyak. Sedikit catatan untuk pemilihan tabir surya, pilihlah yang ada kandungan SPF 17. Nah untuk sedikit menambah wawasan buat teman-teman bahwa angka 17 ini adalah kandungan SPF yang sesuai dan cocok dengan karakter kulit orang Asia pada umumnya termasuk Indonesia. Menurut beberapa pakar kecantikan, pemilihan SPF yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kulit tampat sedikit gelap.

Cara merawat muka berminyak yang ketiga adalah dengan secara serius memperhatikan pola makan dan menjaga keseimbangan gizi yang ada didalamnya. Jika memungkinkan lakukanlah diet riet dengan fokus pada pengaturan pola makan teman-teman. Perhatikan makanan sobat Ayla, selalu konsumsi makanan bergizi serta banyak mengandung vitamin, perbanyaklah makan sayur dan buah. Jangan lagi makan fast food dan imbangi dengan olah raga ringan secara rutin setiap hari.

Demikian artikel kami tentang cara merawat wajah berminyak untuk mencegah munculnya minyak berlrbih, mencegah jerawat dan komedo di muka kita. Semoga setelah membaca artikel ini,kita semua bisa memanfaatkannya dan tidak ada lagi keluhan tentang muka berminyak yang sangat menggangu penampilan serta munculnya jerawat dan komedo yang memperparah keadaan. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.(Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status