Cara Merawat Wajah Secara Alami Dengan Masker Pepaya

Wajah yang kusam, berminyak, dan kering tentu bisa menjadi keluhan bagi setiap wanita. Setiap wanita ingin tampil cantik dengan wajah yang sehat dan putih bersinar. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara merawat wajah secara alami. Mungkin papaya bisa dijadikan sebagai salah satu buah untuk digunakan sebagai masker wajah.

cara merawat wajah secara alami

(c) shutterstock.com

Buah pepaya bukan hanya baik untuk tubuh saja tetapi juga bisa digunakan untuk perawatan wajah. Enzim yang terkandung di dalamnya berguna untuk menangkal segala radikal bebas dan menyembuhkan kulit yang gosong arena terkena sinar matahari. Berikut ini adalah manfaat pepaya sebagai salah satu yang bisa Anda lakukan di rumah.

Pembersih wajah

Pepaya bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Kandungan enzim dalam pepaya berguna untuk membunuh dan mencegah segala bakteri yang ada di wajah. Mencampurkan pepaya dan yogurt bisa membuat wajah Anda menjadi bersih kembali. Ini dikarenakan adanya asam laktat yang terkandung di dalam yogurt. Gunakanlah plain yogurt atau yogurt yang tidak memiliki kadar gula sama sekali untuk membuat masker ini.

Memutihkan wajah

Campuran pepaya dan lender lidah buaya dipercaya bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Dengan begitu, Anda tidak usah lagi menggunakan obat atau krim berbahan kimia untuk memutihkan wajah yang belum tentu aman untuk digunakan.

Cocok untuk kulit sensitif

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, tentu sangat susah sekali mencari perawatan wajah yang cocok. Salah sedikit, wajah Anda malah menjadi merah-merah, berjerawat, dan bahkan mengalami iritasi. Namun Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan masker pepaya ini. Dengan ditambah sedikit perasan air lemon, maka masker pepaya ini bisa langsung digunakan untuk membersihkan wajah Anda yang memiliki kulit sensitif.

Melembabkan kulit kering

Kulit kering dan kasar tentu saja mengganggu penampilan Anda. Anda yang sering berada di ruangan ber-AC terkadang memiliki masalah ini. Masker pepaya ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai perawatan untuk kulit sensitif saja, tetapi juga untuk kulit kering. Cukup mencampurkan pepaya dan yogurt, maka kulit kering Anda bisa hilang dan menjadi lembab.

Untuk mencerahkan dan menghilangkan noda hitam di wajah

Memiliki kulit kusam dan noda hitam di wajah? Atau bingung dengan masalah flek yang tak kunjung hilang? Atasi saja dengan masker pepaya. Campuran pepaya dan susu atau madu bisa menghilangkan noda hitam dan membuat wajah Anda menjadi cerah kembali.

Manfaat pepaya bagi perawatan wajah sudah diketahui. Lalu bagaimana cara membuatnya? Membuat masker pepaya ini tidak sulit. Caranya, siapkan pepaya, bersihkan, lalu haluskan pepaya tersebut (bisa dengan cara ditumbuk atau di blender). Jika sudah, campurkan bahan-bahan yang Anda inginkan dan sesuai dengan manfaat yang ingin Anda dapatkan (misalnya susu atau madu untuk mencerahkan wajah). Aduk hingga rata atau Anda bisa memasukkan semua bahan ke dalam blender sehingga tercampur rata. Masker pepaya pun siap untuk digunakan. Balurkan secara merata ke seluruh wajah. Gosok dan pijat secara perlahan, diamkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat dan air bersih (agar pori-pori tertutup) hingga bersih.

Itulah beberapa manfaat pepaya yang bisa digunakan sebagai cara merawat wajah secara alami. Pakailah masker ini secara rutin dan teratur, maka manfaat masker pepaya ini pun secara perlahan tapi pasti akan Anda dapatkan.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status