Cara Perawatan Rambut Rontok Yang Baik Dan Benar

Cara perawatan rambut rontok. Tak dipungkiri, rambut memang bisa menjadi pelengkap penampilan baik pada wanita maupun pria. Tatanan rambut yang cocok bisa menambah kesan cantik dan tampan bagi pemiliknya. Namun berbagai masalah pada rambut kerap ditemui, mulai dari rambut kering dan bercabang, berketombe hingga rambut rontok. Bahkan, kerontokan rambut yang parah bisa beresiko mengalami kebotakan. Rambut rontok dipengaruhi oleh banyak sebab, diantaranya karena stress, gangguan hormon, jarang keramas hingga kebiasaan berganti-ganti gaya rambut dan sebagainya.

perawatan rambut rontok yang baik

(c) shutterstock.com

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan rambut rontok, berikut ada beberapa cara perawatan rambut rontok yang efektif dan mudah anda praktikkan :

Hindari menyisir rambut saat basah dan mengikat rambut

Kedua kebiasaan tersebut adalah penyebab kerontokan rambut. Menyisir rambut saat basah memperbesar resiko rambut patah. Disamping itu, mengikat rambut dengan kuat dan lama juga menyebabkan rambut sulit bernafas dan rapuh. Jadi untuk menghindari kerontokan rambut, janganlah menyisir rambut pada saat masih basah, dan juga jangan terlalu sering dan kuat mengikat sambut.

Keramas dengan tepat

Keramas yang tepat adalah yang tidak terlalu sering dan juga tidak jarang. Keramaslah 3 kali seminggu agar kebersihan rambut tetap terjaga. Jarang membersihkan rambut membuat ketombe penyebab rontok mudah berkembang. Sedangkan keramas terlalu sering menghilangkan minyak alami rambut yang membuatnya kering dan rapuh.

Pijatan pada Kulit Kepala

Sering memijat kulit kepala dapat melancarkan peredaran darah dan suplai oksigen ke kulit kepala, sehingga bisa menguatkan rambut. Memijat rambut dengan minyak esensial juga semakin baik, karena mempermudah penyerapan kandungan pada minyak tersebut. Lakukanlah cara perawatan rambut rontok ini secara teratur.

Menggunakan lidah buaya

Tanaman ini sudah lama dikenal sebagai penyubur rambut. Gunakan lendir lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, diamkan 20 menit kemudian bilas bersih. Penggunaan lidah buaya secara teratur mampu membuat rambut kuat, tebal dan sehat. Jadi lakukanlah perawatan rambut rontok dengan lidah buaya secara teratur.

Menggunakan kemiri

Minyak kemiri selain berkhasiat menguatkan rambut, juga mengembalikan kilau alami rambut. Tumbuk kasar kemiri kemudian sangri, tumbuk lagi sampai halus dan mengeluarkan minyak. Usapkan pada rambut menjelang tidur. Pagi harinya keramaslah hingga bersih.

Menggunakan bawang putih

Bumbu dapur ini mempunyai segudang manfaat, salah satunya untuk mengurangi kerontokan. Haluskan bawang putih lalu balurkan pada rambut sebelum tidur. Pagi harinya keramaslah dengan sampo untuk membersihkan sisa bawang putih, dan bau yang ditimbulkan.

Menggunakan telur

Bahan yang digunakan adalah putih telurnya saja. Protein tinggi yang dimiliki putih telur mampu memperkuat rambut dan menghindarkannya dari kerontokan, sekaligus mengembalikan kilau alami rambut. Cara perawatan rambut rontok dengan telur yaitu, kocok putih telur hingga berbusa kemudian balurkan pada rambut dengan merata. Diamkan 20 menit dan bilas hingga bersih.

Menggunakan teh hijau

Mungkin anda lebih mengenal teh hijau sebagai minuman pelangsing, namun kandungan yang terdapat di dalamnya juga berkhasiat untuk mengurangi kerontokan rambut. Seduh teh dan biarkan semalaman hingga basi, basuhkan airnya pada rambut hingga merata. Tunggu beberapa saat, lalu bilas.

Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial seperti zaitun dan minyak kelapa baik untuk melembabkan dan menguatkan rambut yang rapuh. Balurkan minyak esensial pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat ringan. Diamkan 30 menit kemudian bilas dengan sampo. Lakukanlah cara perawatan rambut rontok ini 3 kali dalam seminggu, agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Semoga informasi tentang cara perawatan rambut rontok di atas bisa bermanfaat.


DMCA.com Protection Status