Ciri Kehamilan Minggu Pertama

Ciri kehamilan minggu pertama apa saja ya ? yuk kita tengok sebentar artikel ini, semoga apa yang coba kami sajikan disini bisa membantu teman-teman semua. Kehamilan adalah sesuatu yang teramat sangat ditunggu-tunggu khususnya buat pasangan baru. Terkadang dengan tingginya kesibukan kita membuat kita sedikit mengabaikan kondisi ini dan dikuatirkan ada hal kurang menyenangkan dialami jika kita tidak memperhatikan ciri-ciri kehamilan di minggu pertama ini, semoga tidak ya teman-teman, yuk kita lanjutkan.

Kenali ciri kehamilan minggu pertama

Selama ini tentu kita sangat mengetahui tentang tanda kehamilan minggu pertama ini dilihat dari hal umum yang banyak dialami oleh teman-teman lainnya selama ini, diantaranya adalah adanya rasa mual dan juga ciri lainya yaitu terlambatnya datang bulan. Tetapi dengan banyaknya fakta yang mendukung kondisi ini dan informasi yang kita dapatkan maka kemudian berkembanglah pengetahuan kita bahwa tidak selamanya mual-mual dan menstruasi yang terlambat ini bisa dijadikan sebagai salah satu ciri kehamilan minggu pertama. Bisa saja hal itu terjadi karena kelelahan, stress, masuk angin, ganguan pada siklus menstruasi atau yang lainnya.

ciri kehamilan minggu pertama salah satunya adalah mual dan muntah

Kehamilan minggu pertama ditinjau dari sisi ilmu kedokteran ditetapkan terhitung mulai dari hari saat terakhir kita mengalami menstruasi. Dan perhitungan ini sangat umum dipakai dan digunakan untuk perhitungan awal oleh para dokter kandungan. Untuk itu maka kehamilan minggu pertama ini bisa dikatakan bukanlah mulai dari 1 minggu setelah proses pembuahan akan tetapi dihitung dari seminggu setelah datang bulan terakhir kita.

Ciri kehamilan 1 minggu pertama sepanjang yang kami tahu berdasarkan informasi dari berbagai sumber, hasil pencarian di internet baik melalui artikel maupun forum sangatlah beragam bentuknya, dan sangat mungkin berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat tergantung pada kondisi medis masing-masing ibu yang sedang hamil. Ada beberapa ciri dan tanda kehamilan 1 minggu yang akan kami rangkumkan di artikel ini (lihat dibawah). Tanda atau ciri kehamilan 1 minggu yang kami sajikan dalam beberapa ciri atau tanda ini bisa saja terjadi bebarengan untuk beberapa ciri atau mungkin hanya 1 tanda saja yang kemudian dialami oleh teman-teman pada masa ini.

Bagaimana mengenali ciri kehamilan minggu pertama

Untuk bisa mengenali apakah teman-teman sedang memasuki masa kehamilan atau tidak bisa dilakukan dengan cara medis dan non medis seperti yang akan kami bantu tuliskan detailnya diabawah ini,

1. Mengenali ciri kehamilan minggu pertama secara non medis

Terkadang pada minggu pertama kehamilan ini memang sedikit susah dikenali, dan rasa-rasanya bagi sebagian diantara kita juga merasa terlalu dini untuk kemudian mengambil langkah untuk langsung memeriksakan diri ke dokter atau melakukan tes medis guna mencari tahu apakah sebenarnya kita sudah hamil ataukah belum. Tetapi sebenarnya kita bisa melihat tanda-tanda kehamilan ini dari ciri-ciri umum yang ada pada diri kita saat itu baik secara fisik ataupun non fisik. Dan jika ternyata nanti sebagian atau hampir semua tanda-tanda ini ada pada diri teman-teman semua amak tidak ada salahnya untuk segera mengambil langkah untuk memeriksakan diri ke dokter. Ciri-ciri awal kehamilan secara fisik dan non fisik pada minggu pertama ini antara lain adalah sebagai berikut,

Ciri-ciri fisik :

  1. Mual dan muntah, ada yang sampai keluar ada pula yang tidak
  2. Tidak menstruasi atau diistilahkan terlambat datang bulan
  3. Adanya flek atau bercak darah dalam jumlah sedikit
  4. Sakit perut seperti kram, ini jarang dialami
  5. Adanya perubahan pada payudara
  6. Frekuensi buang air kecil meningkat
  7. Kondisi tubuh sedikit menurun dan mudah lelah

Ciri-ciri non fisik :

  1. Nyidam atau ngidam atau mengidam, ini juga sangat sering terjadi
  2. Gelisah, susah tidur dan stress
  3. Sensitif terhadap bau-bauan tertentu seperti parfum, asap, dll.
  4. Mengantuk seperti saat kita masuk angin

2. Mengetahui kehamilan secara medis

Salah satu cara terbaik untuk “memastikan” apakah teman-teman hamil atau tidak adalah dengan menggunakan alat yang namanya test pack atau alat test kehamilan. Alat ini sangat mudah teman-teman dapatkan hampir di semua apotik. Dengan alat untuk test kehamilan melalui urine inilah maka seperti halnya yang selalu dilakukan oleh dokter atau bidan teman-teman akan mengetahui secara pasti apakah saat ini teman-teman sudah hamil atau belum.

Alat test urin untuk mengenali tanda kehamilan ini sebaiknya dipergunakan dipagi hari sesuai dengan saran dan anjuran para dokter. Pelajari dulu cara penggunaannya, sejauh yang kami tahu maka jika setelah menggunakan alat test kehamilan ini dan pada indicator garisnya menunjukan 2 garis maka artinya teman-teman positif hamil, dan jika ternyata yang muncul hanya 1 garis saja maka saat ini teman-teman belum hamil.

Catatan tentang ciri kehamilan minggu pertama

Artikel ciri kehamilan minggu pertama ini kami buat berdasarkan pengalaman kami dan juga mengambil dari beberapa sumber di internet dan buku. Ada hal penting yang perlu kami garis bawahi disini yaitu saat teman-teman merasakan beberapa ciri fisik dan non fisik seerti yang telah kami sajikan diatas ada baiknya teman-teman segera memeriksakan diri ke dokter kandungan yang teman-teman pilih. Khususnya jika hampir 60% ciri-ciri orang hamil 1 minggu diatas teman-teman temukan.

Hindari stress, sekali lagi hindari stress, menurut pengalaman kami stress yang tinggi saat pertama kali kita membangun rumah tangga bisa menyebabkan kehamilan ini jadi tertunda. Perbanyaklah berdoa jika saat ini teman-teman belum hamil dan mintalah dukungan suami untuk bisa menciptakan kondisi berserah diri yang maksimal dan saling menjaga agar yang diinginkan bersama bisa segera terwujud, Aamiin.

Sekian artikel tanda kehamilan minggu pertama ini kami sajikan, mohon maaf jika dirasa tidak lengkap dan kurang bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan teman-teman semua.


DMCA.com Protection Status