Cream Pemutih Wajah Racikan Dokter Itu Isinya Apa Saja

Anda pasti pernah mendengar tentang cream pemutih wajah racikan dokter yang sering ditawarkan di berbagai media, khususnya , melalui online. Banyak sekali cream pemutih yang dijajakan dan dikatakan sebagai hasil dari racikan seorang dokter tanpa menyebutkan siapa dokter yang membuat racikan tersebut. Tanpa mengetahui dengan pasti apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya, siapa pun pasti akan tergiur jika diiming-imingi harga yang murah terlebih lagi jika hasil yang didapatkan secara instan. Sebelum Anda menggunakan cream pemutih wajah racikan tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja isi atau kandungan yang terdapat di dalamnya. Dan yang penting sobat Ayla juga harus berusaha mencari tahu siapa dokter yang membuatnya.

cream pemutih wajah racikan dokter

(c) shutterstock.com

Cream untuk memutihkan wajah racikan dokter

Cream pemutih wajah merupakan cream yang mengandung bahan kimia yang dapat menyamarkan noda hitam yang ada di permukaan kulit wajah sehingga dapat membuat wajah terlihat lebih putih dan cerah. Cream pemutih wajah yang banyak dijual saat ini adalah cream pemutih “racikan dokter” yang biasa dijual secara online atau dari mulut ke mulut, dan bukan dari apotek tempat prakter dokter kecantikan. Penggunaan cream pemutih yang tidak jelas asal usulnya ini dalam jangka waktu yang lama bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit. Tetapi penggunaan yang secara terus-menerus bisa menimbulkan pigemnetasi yang efeknya permanen. Biasanya produk yang dibilang cream untuk memutihkan wajah racikan dokter mengandung bahan-bahan di bawah ini.

Hidroquinon dan hidrokortison (steroid)

Hidroquinon ini biasa digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dan memutihkan kulit dengan lebih cepat. Umumnya, penggunaan hidriquinon yang terlalu lama bisa menimbulkan flek hitam pada wajah. Namun, jika digunakan tidak terlalu lama, maka biasanya flek tersebut tidak akan timbul. Selain itu, jika zat hidroquinon ini terakumulasi, maka bisa merusak jaringan kulit. Tetapi jika tidak digunakan secara terus-menerus, maka tidak akan berbahaya. Sedangkan steroid biasanya digunakan untuk membuat wajah menjadi putih kinclong dan halus dalam jangka waktu yang singkat. Jika penggunaan yang terlalu lama, maka steroid bisa menyebabkan penipisan kulit, mudah memar, kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari, dan pigmentasi kulit menjadi hilang sehingga membuat kulit terlihat pucat seperti mayat.

Quinol

Quinol ini digunakan untuk memutihkan kulit dan menghambat pigmentasi pada kulit. Tetapi jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang, quinol dapat mengakibatkan kulit menjadi sensitif, mengelupas, mudah iritasi, dan penipisan kulit sehingga membuat urat-urat seolah-olah terlihat. Tetapi jika resep yang Anda terima dari dokteryang berpengalaman kemungkinan hal ini sudah diperhitungkan tentunya.

RA (Retinol Acid)

Zat yang merupakan turunan dari vitamin C ini digunakan sebagai anti aging sehingga kerutan dan keriput di kulit tidak mudah muncul yang membuat wajah menjadi awet muda. Retinol Acid biasanya memberikan efek purging ketika digunakan. Yaitu efek yang membuat semua jerawat keluar terlebih dahulu sebelum benar-benar membersihkannya. Pemakaian cream pemutih wajah yang mengandung Retinol Acid ini membuat kulit menjadi lebih sensitif. Dan jika Anda menggunakan cream malam yang mengandung Retinol Acid, maka sebaiknya Anda menggunakan sunblock atau tabir surya pada wajah Anda ketika bangun di pagi hari atau sebelum keluar rumah untuk menghindari kemerahan pada wajah Anda.

Lalu bagimana efek jangka panjang penggunaan cream pemutih wajah yang mengandung bahan-bahan di atas? Wajah Anda mungkin akan terbebas dari jerawat dan terlihat putih, tetapi jika digunakan secara terus-menerus, maka wajah bisa menjadi lebih sensitif, berkeriput, kering, timbul jerawat, komedo, dan bahkan flek hitam yang sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, bijaklah sebelum Anda menggunakan cream pemutih wajah racikan dokter. Pikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Dan usahakan carilah doketer yang berpengalaman jika memang ada yang mau memberikan cream racikan untuk membantu memutihkan wajah.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status