Daftar Susunan Panitia dan Acara Pernikahan yang Perlu Kamu Ketahui!

Mungkin ada di antara kamu yang saat berencana ingin menyelenggarakan acara pernikahan namun masih bingung mengenai kepanitiaan. Seperti kita tahu dalam acara pernikahan tentu harus ada panitia yang bertugas membantu penyelenggaraannya. Tanpa ada panitia maka acara pernikahan akan kocar-kacir karena tidak ada orang yang bertanggung jawab pada beberapa bidang.

susunan panitia pernikahan

(c) shutterstock.com

Daftar susunan panitia pernikahan

Penting bagi kamu untuk mengetahui contoh konsep daftar susunan panitia dan acara pernikahan. Dengan begitu acara pernikahan kamu benar-benar dipersiapkan secara matang sehingga dapat tercapai kesuksesan seperti yang kamu harapkan.

Adapun susunan panitia pernikahan biasanya meliputi penasehat, ketua panitia, wakil ketua,  bendahara, sekretaris, sie acara, sie among tamu, sie buku tamu, sie keamanan, sie transportasi, sie konsumsi, sie dekorasi/ perlengkapan, sie seragam dan make up.

Rangkaian acara prosesi pernikahan adat jawa

Kenduri/ selamatan

Dalam budaya jawa, sebelum hari h pernikahan terlebih dahulu akan diadakan acara kenduri. Acara tersebut mengundang beberapa tetangga dan kerabat dekat. Inti dari acara ini adalah memohon doa untuk keselamatan dan kelancaran acara pernikahan. Pada acara tersebut akan dibagikan nasi beserta lauk dan perlengkapannya sebagai wujud syukur.

Siraman

Siraman merupakan acara mandi bagi calon mempelai yang diadakan satu hari menjelang hari h pernikahan. Air yang digunakan untuk menyiram telah dicampur dengan aneka bunga sehingga prosesi  ini benar-benar sakral dan penuh tradisi.

Midodareni

Malam midodareni adalah malam terakhir bagi seorang gadis bersama orangtuanya. Pada malam itu sang gadis yang esoknya akan menikah akan dimake up secantik mungkin. Konon  ada  mitos bahwa pada malam itu sang gadis tidak boleh tidur sebelum pukul 12 malam agar para bidadari turun ke bumi memberikan aura kecantikan sehingga esok hari saat acara pernikahan kecantikannya makin terpancar. Wow!

Akad nikah

Nah, inilah inti acara yaitu akad nikah dimana dua mempelai  akan saling berjanji di depan penghulu

Resepsi pernikahan

Acara ini merupakan pesta sebagai wujud rasa syukur pasangan pengantin dan orangtuanya. Pada acara tersebut para undangan berbaur bersama pengantin dan seluruh  kerabat untuk merayakan suka cita.

Baca juga :

Contoh konsep daftar panitia dan acara pernikahan yang saya sajikan ini diharapkan dapat membantu setiap calon mempelai ketika akan menyelenggarakan acara pernikahan.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status