Diet Sehat dan Berhasil Di Bulan Ramadhan Ini? Bisa Banget Kok

Katanya, berpuasa adalah salah satu cara untuk diet. Selain dapat tubuh yang langsing, kita juga beribadah. Beberapa orang tambah kurus saat berpuasa. Di sisi lain, ada yang berat badannya malah naik di bulan puasa? Lantas, bagaimana caranya diet saat berpuasa agar berat badan dapat turun dan puasa tetap lancar?

diet saat berpuasa

(c) shutterstock.com

Tips cara diet saat puasa

Tips cara berdiet saat puasa ini mudah, kok. Kamu hanya mesti menjalankan poin-poin penting berikut ini. Dan ingat! utamakan ibadahnya, kalau ada masalah, fokuslah pada puasa Kamu.

Makan sahur setiap hari

Pernah dengar kan kalau sarapan itu penting bagi orang yang sedang diet? Nah demikian pun dengan sahur yang layaknya sarapan. Sahurlah menjelang imsak agar energi lebih banyak tersimpan untuk siang hari. Pilih makanan pokok yang memiliki indeks glikemik rendah seperti nasi merah, roti gandum, dan kentang agar rasa kenyangmu bertahan lama sehingga tidak kalap makan saat buka puasa. Perbanyak makan buah dan sayur juga, ya. Utamakan makanan yang direbus atau dikukus saat sahur karena kalori makanan yang digoreng lebih tinggi dan juga mengandung banyak kolesterol.

Jangan tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur akan membuat makanan yang baru disantap saat sahur jadi tidak terpakai dan disimpan sebagai energi cadangan serta lemak. Tidur setelah sahur pun akan membuat perut jadi buncit.

Buka Puasa dengan cara ‘mencicil’

Jangan kalap saat buka puasa. Biasakan minum dahulu, bisa dengan yang manis agar glukosa yang terpakai selama puasa bisa langsung terganti. Makanlah yang ringan-ringan dulu tetapi hindari gorengan. Lebih baik lagi bila berbuka dengan buah-buahan yang tentu saja manis dan sehat. Setelah sholat maghrib, bisa lanjut makan besar dengan perlahan-lahan agar cepat terasa kenyang. Pilihlah menu berkuah agar mudah terasa kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk banyak makan di malam harinya.

Tetap lakukan Olahraga

Bakar kalorimu selama puasa! Tapi yang ringan saja ya, agar tidak lemas dan kekurangan cairan. Pilih waktu sore hari agar dekat dengan waktu buka puasa. Pilih juga jenis olahraga yang ringan tetapi tetap mampu mencapai zona aerobik seperti yoga dan jalan cepat. Lakukan selama 30 menit dengan frekuensi 3-5 kali seminggu.

Baca juga :

Itulah tadi cara agar tetap dapat diet tenang selama puasa. Mudah bukan? Kamu hanya tinggal mengatur menu sahur dan buka puasa, serta lakukan olahraga ringan. Selamat mengejar berat badan ideal!(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status