Diet Sehat itu Bukan Soal Apa yang Dimakan Tapi Bagaimana Cara Makannya

Teman-teman ingin melakukan diet yang sehat ? Jangan bayangkan kalau diet sehat itu pastilah menakutkan. Yang mungkin ada di benak kita kalau mendengar kata diet pastilah membatasi makanan dan menjauhi jenis makanan tertentu. Padahal diet yang sehat itu tidak seperti itu. Diet yang baik dan sehat itu bukan soal makan apa, tapi bagaimana cara makannya.

diet sehat

(c) shutterstock.com

Bingung maksudnya bagaimana? OK, kalau begitu simak tulisan menarik yang kami lansir dari www.helpguide.org tentang diet sehat ini sampai selesai. Begini sobat Ayla, selama ini kita lebih banyak dijejali dengan informasi diet yang kurang pas, seperti halnya anjuran harus tidak makan makanan tertentu dan lain-lain. Padahal inti diet itu sebenarnya bukan itu, namun bagaimana cara kita makan. Sehingga walaupun kita mengkonsumsi makanan yang banyak kalori, namun kalau kita tahu bagaimana cara makannya maka tidak jadi masalah.

Itulah intisari dari diet sehat. Oleh karena itu penting bagi kita untuk tahu apa kandungan makanan yang kita makan. Sehingga kita pun bisa tahu bagaimana cara untuk memakannya disesuaikan dengan kondisi kita saat ini. Nah, sekarang kami akan beritahu bagaimana caranya makan yang benar agar diet sehat yang kita lakukan bisa berhasil.

Kunyah dan nikmati makanan. Sering sekali mungkin kita tak bisa menikmati apa yang kita makan. Maunya makan secara cepat dan buru-buru. Kebiasaan ini tidak baik. Coba mulai biasakan untuk mengunyah setiap yang kita makan. Nikmati saat kita makan dan rasakan setiap kita mengigit makanan. Coba kenali bagaimana rasa makanan dan bagaimana tekstur makanan. Menikmati makanan seperti ini merupakan cara makan yang benar.

Kenali suara tubuh. Kita perlu belajar untuk mendengar suara tubuh kita. Coba tanyakan pada tubuh kita apakah benar lapar atau hanya haus. Jika hanya haus, segelas air putih rasanya sudah cukup untuk menghilangkan rasa dahaga itu. Dengan mengenali tubuh kita, kita jadi tahu kapan harus makan dan minum.

Sarapan. Rutin sarapan itu penting sebagai bagian dari diet sehat. Sarapan akan membantu metabolisme tubuh dan membuat kita selalu berenergi sekalipun kita berkeinginan menurunkan berat badan.

Hindari makan tengah malam. Bagi yang suka begadang, biasanya suka makan tengah malam. Ini tidak bagus karena cenderung akan menyimpan lemak dan kalori. Oleh karena itu sebaiknya dihindari.

Makan bersama. Kebiasaan makan bersama orang lain itu kebiasaan yang baik karena juga akan meningkatkan hubungan emosional. Biasakan sering makan bersama keluarga atau teman, dan hindari makan sendirian.

Begitulah cara makan yang benar untuk melakukan diet sehat. Sekarang teman-teman sudah tahu kan apa yang harus dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan. Segera catat poin-poin pentingnya dan diskusikan dengan pendamping diet sobat Ayla semua. Jangan terlalumenyiksa diri dengan menjalankan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya ya sobat.

Sedikit catatan tentang diet sehat

Beberapa artikel tentang diet sehat dan cepat termasuk untuk golongan darah o yang bisa secara alami menurunkan berat badan sangat banyak dicari saat ini, dan tentunya kita sudah tahu. Nah, pesan kami buat sobat Ayla semua adalah mintalah pendampingan ahli gizi dalam melakukan diet ini. Dan yang paling penting jangan mudah tergiur dengan cara-cara instan yang resikonya tidak terukur, berhati-hatilah dan bijaksana dalam memilih cara untuk menurunkan berat badan ini.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status