Faktor Penyebab Penyakit Ambeien Dan Gejalanya

Ambeien adalah suatu gangguan pencernaan yang terjadi pada anus. Bagi penderita ambeienakan mengalami kesusahan saat buang air besar. Apalagi rasa sakit yang timbul karena ambeienakan membuat penderita semakin sengsara.Berikut adalah beberapa faktor penyebab penyakit ambeien :

Faktor Penyebab Penyakit Ambeien Dan Gejalanya

(c) shutterstock.com

1. Mengejan

Penyebab penyakit ambeien yang pertama yaitu karena mengejan terlalu kuat saat buang air besar, kurangnya serat membuat buang air besar menjadi susah. Untuk itu banyak sekali orang yang mengejan terlalu keras saat buang air besar. Mengejan yang terlalu sering akan membuat pembuluh darah di sekitar anus mendapat tekanan sehingga akan menjadi besar. Jika pembuluh darah tersebut menjadi besar maka akan mengakibatkan susahnya feses untuk keluar dan menimbulkan rasa sakit.

2. Terlalu lama duduk

Duduk terlalu lama juga dapat menimbulkan ambeien. Saat duduk akan memberikan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Jika hal ini terjadi berlangsung lama, maka dapat membuat pembuluh darah menjadi besar, sehingga mengakibatkan susah untuk buang air besar.

3. Diare

Diare menahun juga bisa menjadi penyebab penyakit ambeien. Karena saat diare kita akan buang air besar terus menerus, apalagi dalam jangka waktu yang lama sampai bertahun-tahun. Maka akan membuat ambeien semakin parah saja jika tidak segera diobati.

4. Keturunan

Faktor keturunan juga dapat mengakibatkan seseorang terkena ambeien.Anda yang saudara kandungnya pernah menderita ambeien, sebaiknya dari sekarang untuk waspada.

5. Gangguan pada dubur

Penyempitan dubur dan kenaikan tekanan pada pembuluh darah di dalam rongga perut atau porta.Radang dubur dan kanker dubur juga dapat menjadi penyebab penyakit ambeien.

6. Perubahan hormon saat kehamilan.

7. Ibu yang sehabis melakukan persalinan.

8. Masalah sulit buang air besar yang sudah terjadi begitu lama atau menahun.

9. Kanker prostat dan penyempitan saluran kemih.

Gejala yang biasanya dialami penderita ambeien yaitu rasa gatal dan panas pada anus, pendarahan karena pembengkakan pada pembuluh darah di anus, dan rasa nyeri yang cukup menyiksa.Untuk pencegahan agar tidak terkena ambeien yaitu dengan mengatur pola makan yang sehat. Konsumsi banyak sayuran dan buah yang banyak mengandung serta agar proses pencernaan menjadi lancar, sehingga tidak mengeras atau mengejan lagi saat buang air besar.

Beberapa makanan yang dapat menyebabkan ambeien yaitu sebagai berikut:

1. Makanan berlemak

Makanan berlemak jika di konsumsi terus menerus akan mengakibatkan susah buang air besar. Makanan berlemak bisa didapat dari rendang, soto, gorengan, dan yang lainnya.

2. Buah apel hijau

Buah apel hijau mengandung keasaman yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan kurang lancarnya proses pencernaan. Jika buah apel hijau di konsumsi dalam jumlah yang banyak dan terus menerus, maka akan menjadi salah satu penyebab penyakit ambeien .

3. Buah jeruk

Buah jeruk juga mengandung keasaman yang tinggi, lebih baik jika ingin makan buah jeruk jangan berlebihan karena tidak baik untuk pencernaan.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status