Hindari Jerawat dengan Memahami Cara Merawat Kulit Berminyak

Memiliki kulit wajah berminyak tentunya akan sangat mengganggu penampilan Anda. Selain itu, kulit yang memproduksi minyak yang berlebih bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo yang akan membuat wajah menjadi bermasalah. Cara merawat kulit berminyak juga tidak sama dengan cara merawat kulit normal dan jenis kulit yang lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memberikan perhatian lebih terhadap kondisi kulit wajah Anda yang berminyak.

cara merawat wajah berminyak

(c) shutterstock.com

Sebelum mengetahui cara untuk merawat kulit berminyak, Anda perlu mengetahui beberapa faktor penyebabnya terlebih dahulu. Anda sering makan makanan yang berlemak? Mungkin ini menjadi salah satu alasan wajah Anda berminyak. Makanan yang penuh lemak dan minyak tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja, tetapi juga produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah. Wajah dengan minyak berlebih menjadi salah satu tanda bahwa seorang anak telah memasuki masa puber. Selain itu, wanita yang sedang dalam masa haid atau datang bulan juga biasanya akan memproduksi minyak di wajah yang cenderung lebih banyak. Ketidak seimbangan hormon inilah yang biasanya akan membuat wajah berminyak dengan lebih cepat. Salah memilih kosmetik juga dapat membuat wajah Anda berminyak. Memakai berbagai produk kosmetik yang mengandung banyak bahan kimia dapat membuat wajah lebih sensitif, menimbulkan iritasi, dan berminyak.

Bagaimana merawat kulit berminyak yang baik dan aman? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Membersihkan wajah

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa sering mencuci wajah akan membuat wajah menjadi lebih bersih dan terbebas dari minyak. Tapi hal ini ternyata tidak benar. Mencuci wajah terlalu sering dapat mengikis lapisan kulit dan rentan terhadap serangan sinar matahari yang membuat produksi minyak di wajah menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, cuci dan bersihkan wajah dengan sabun paling banyak dua kali sehari dan tidak lebih.

Minum air putih yang cukup

Tubuh yang kekurangan asupan air putih atau dehidrasi tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Mendapat asupan air putih yang cukup dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, jika tubuh mengandung banyak air, maka keringat yang dikeluarkan pada saat Anda melakukan banyak aktivitas juga mengandung sedikit minyak. Minumlah setidaknya delapan gelas air putih sehari dan rasakan manfaatnya.

Air hangat

Untuk mengurangi minyak pada wajah, Anda bisa menggunakan air hangat. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit garam ke dalam air hangat hingga tercampur rata. Celupkan handuk kecil ke dalam air garam tersebut. Gunakan handuk kecil itu untuk membasahi wajah dengan cara diusap secara lembut. Air hangat tersebut dapat membuka pori-pori dan kotoran-kotoran yang menyumbat di dalamnya dapat terangkat oleh garam.

Memakai masker wajah khusus untuk kulit berminyak

Selain cara di atas, Anda juga bisa memakai masker wajah yang dibuat dari berbagai bahan alami untuk mengurangi minyak di wajah. Anda bisa menggunakan putih telur yang dikocok hingga berbusa dan dibalurkan ke wajah, diamkan hingga kering lalu bilas hingga bersih. Selain itu, irisan tomat, mentimun, atau kentang yang dioleskan ke wajah sebelum tidur juga dapat Anda gunakan.

Itulah cara merawat kulit berminyak yang dapat Anda terapkan sehari-hari. Ingatlah untuk selalu menjaga pola hidup dan pola makan Anda. Cara hidup yang sehat akan membawa Anda mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status