Hindari Lakukan 5 Hal ini Ketika Mencuci Muka

Mencuci muka dengan menggunakan air adalah salah satu cara membersihkan muka. Mencuci muka biasanya dilakukan pada saat akan tidur, bangun tidur, dan ketika akan membersihkan sisa make up. Namun belum banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika sedang mencuci muka. Kira-kira hal apa saja yang dimaksud? Berikut informasinya untuk anda.

mencuci muka

(c) shutterstock.com

Hindari menggunakan pembersih wajah yang salah

Ketika memilih produk pembersih wajah, baiknya teliti karena jika anda salah memilih produk pembersih muka, muka anda yang nanti akan menjadi korbannya. Muka bisa saja menjadi iritasi. Untuk kulit muka kering atau normal, pilihlah produk pembersih muka yang lembut dan banyak mengandung pelembab. Sedang untuk tipe kulit wajah berminyak, gunakan pembersih wajah gel yang berbusa.

langsung basuh muka setelah memakai pembersih

Cara yang benar membersihkan muka dengan menggunakan produk pembersih adalah dengan mendiamkan muka selama  1 menit baru kemudian membasuhnya hingga bersih. Tujuannya agar kandungan aktif pembersihkan dapat membersihkan semua bagian muka dengan optimal, khususnya untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Tidak membersihkan/ mencuci muka setelah bangun tidur

Mencuci muka di pagi hari ternyata ada manfaatnya, yaitu membersihkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit di malam hari. Dengan mencuci muka, selain akan membersihkan minyak, juga dapat membersihkan sisa make up yang mungkin masih saja bersisa di kulit wajah. Dalam kondisi bersih, kulit wajah akan lebih mudah menyerap tabir surya yang anda oleskan sebelum beraktivitas.

Tidak menggunakan handuk basah

Sisa make up tentu tidak akan bersih secara sempurna hanya dengan sapuan air saja. Gunakan handuk bersih yang sudah dibasahi air bersih terlebih dahulu untuk membersihkan muka. Lalu gunakan handuk bersih yang kering serta berpermukaan halus untuk mengeringkan muka.

Membasuh muka dengan air yang terlalu panas

Yang benar adalah membasuh muka dengan air biasa atau air hangat kuku. Tujuannya adalah untuk menghindari kulit wajah memerah. Air yang terlalu panas dapat memperbesar kapiler darah yang terletak di bawah permukaan kulit. Dan ketika air tersebut menempel pada kulit muka, kulit muka akan menjadi merah ketika anda sedang mencuci muka. (Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status