Ikuti Tips dan Cara Diet Alami yang Sehat dan Cepat Tanpa Obat

Baik wanita maupun laki-laki menginginkan tubuh yang sehat dan ideal. Sayangnya kebanyakan orang malah tak memiliki bentuk tubuh yang diinginkan. Apalagi bagi yang mengalami kegemukan atau berat badan berlebih, mereka pasti ingin menurunkan berat badannya. Sayangnya menurunkan berat badan tidaklah semudah yang dikatakan, perlu kerja keras, kedisiplinan, dan konsistensi untuk melakukannya. Cara diet sendiri sangat beragam, ada yang dengan mengonsumsi makanan diet kalengan dan ada juga yang menggunakan cara diet alami .

cara diet alami

(c) shutterstock.com

Adakah cara diet cepat ? Cara diet yang dapat melangsingkan tubuh dalam waktu cepat memang ada, tapi tak selamanya itu menyehatkan. Kehilangan berat badan dalam waktu singkat juga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Diet yang dapat menurunkan berat badan cepat akan membuat badan menjadi tidak seimbang. Saat makanan kembali masuk secara normal maka akan menjadi lemak kembali karena tubuh membutuhkan. Jadi jika ingin melakukan cara diet sehat harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Kendalikan porsi makan

Porsi makan yang berlebihan dan tidak teratur menjadi salah satu penyebab kegemukan. Saat diet pola makan kembali diatur sehingga dapat menyehatkan tubuh bukan menyakiti tubuh. Diet adalah mengatur pola makan dengan pola makan yang sehat. Porsi makan harus sesuai dengan kebutuhan tubuh tidak kurang dan tidak lebih.

Jenis makanan yang dianjurkan

Riset menunjukkan bahwa orang gemuk atau orang kurus bisa memakan makanan dalam jumlah kalori yang sama tapi jenis makanan yang mereka makan berbeda. Ada yang beranggapan bahwa terlalu banyak lemak membuat menjadi gemuk. Hal tersebut mungkin benar tapi perlu juga diingat bahwa beberapa lemak juga penting bagi tubuh. Namun makanan yang diklaim tak berlemak atau memiliki rendah lemak kadang memiliki gula dan garam yang tinggi. Jadi jangan mudah tertipu dengan makanan yang mengklaim dirinya rendah lemak. Makanan asli seperti sayuran segar dan buah segar lebih baik daripada makanan olahan.

Makanan khusus untuk diet

Ada beberapa makanan yang memang khusus digunakan untuk membantu diet seseorang, misalnya semangka dan pisang. Diet semangka ini bisa dicoba dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

Ganti semua camilan dengan buah semangka. Misalnya jika suka gorengan atau keripik maka gantilah dengan semangka. Semangka dapat membantu membuat perut terasa kenyang.

Kurangi porsi makan lalu makanlah buah semangka setelah makanan utama. Perut akan terasa kenyang namun tidak menambah kalori sebanyak makan biasa.

Makanlah buah semangka setelah berolahraga. Semangka mengandung banyak air sehingga dapat mengganti cairan tubuh dan energi setelah berolahraga.

Cara diet sehat dan cepat dapat dilakukan dengan diet semangka namun definisi cepat untuk setiap orang mungkin berbeda-beda. Sebenarnya yang terpenting bukan metode apa yang tercepat namun hasil terbaik yang dicari yaitu tubuh yang ideal dan sehat. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status