Ingin Olah Raga Saat Puasa Ramadhan, Kamu Harus Tahu Tips Ini!

Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti oleh semua umat muslim diseluruh dunia. Pada bulan ini, semua umat muslim yang sudah baligh dan berakal diwajibkan untuk melaksanakan puasa. Puasa tentu tidak akan menjadi penghalang untuk melakukan aktivitas fisik. Meskipun sedang berpuasa kita harus tetap bekerja dan berolah raga. Yeah, kita harus tetap berolah raga. Tentunya kita harus mengatahui cara berolah raga saat puasa ramadhan yang benar. Ingin tahu apa saja tipsnya?

cara berolah raga saat puasa ramadhan yang benar

(c) shutterstock.com

Tips berolah raga saat berpuasa ramadhan dengan lancar

Lakukan olah raga tepat waktu

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus melakukan olah raga tepat waktu saat berpuasa. Jika kamu salah menentukan waktu, berarti kamu hanya akan mempersulit diri-sendiri. Pemilihan waktu olah raga yang salah akan menyebabkan tubuh kamu semakin lemah, lunglai, dan bahkan kamu bisa pingsan. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berolah raga saat berpuasa? Waktu yang tepat adalah pagi sebelum kamu makan sahur atau sore beberapa saat (sekitar satu jam) sebelum berbuka puasa. Jika kamu berolah raga pada waktu-waktu tersebut, pasti tubuh kamu akan semakin fresh dan bugar.

Kurangi kuantitas olah raga

Saat berpuasa, sebaiknya anda memperhatikan kualitas olah raga dan bukan kuantitas. Anda justru sebaiknya mengurangi kuantitas olah raga yang kamu lakukan. Olah raga rutin dengan kuantitas yang tidak terlalu lama akan lebih baik daripada olah raga yang tidak rutin tapi lama.

Cerdaslah dalam memilih jenis olah raga saat berpuasa

Pilihan olah raga juga akan berpengaruh pada efektivitas olah raga itu sendiri. Untuk itu, anda harus cerdas dalam memilih jenis olah raga yang tepat saat berpuasa. Beberapa jenis olah raga yang tepat untuk dilakukan saat berpuasa, antara lain: yoga, jogging, bowling, bersepeda, naik dan turun tangga, serta berenang.

Baca juga :

Itulah tadi beberapa tips yang harus anda perhatikan untuk berolah raga saat puasa ramadhan. Tips-tips diatas sangat efektif untuk bisa anda lakukan. Jangan ragu dan selamat mencoba.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status