Ingin Tetap Tampil Cantik Saat Berpuasa? Ini Dia Caranya

Bulan Juni tahun ini umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Berkurangnya asupan makanan dan minuman jangan sampai jadi penghalang kita kaum wanita untuk tetap tampil segar dan cantik. Ibadah puasa pun akan lebih maksimal dengan tubuh yang fresh. Tips cantik saat berpuasa di bawah ini dapat anda lakukan agar dapat tetap cantik selama menjalankan ibadah puasa.

tampil cantik saat berpuasa

(c) shutterstock.com

Tips cantik saat berpuasa

Sahur setiap hari

Pastikan anda sahur setiap hari. Pilih bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebagai makanan pokok, agar rasa kenyang bisa tahan lama. Karbohidrat kompleks memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga lebih sehat juga bagi tubuh. Contoh makanan dengan karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, kentang, oatmeal, dan roti gandum. Untuk buah-buahan, pilih yang banyak mengandung vitamin C dan E untuk menutrisi kulit, seperti pepaya, tomat, semangka, dan wortel.

Konsumsi air putih

Saat berpuasa, kita berisiko mengalami dehidrasi karena kurangnya konsumsi air. Banyak-banyaklah minum air putih (sekitar 13 gelas belimbing) dengan cara ‘dicicil’ antar rentang buka puasa hingga sahur keesokan harinya. Dengan banyak minum air putih, kulit dan bibir kita pun tidak akan kering dan terjaga kelembabannya.

Tidur cukup

Kurang tidur akan membuat seseorang jadi lemas dan tidak fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Usahakan untuk tidur bila tidak ada aktivitas lagi di malam hari. Dengan cukup tidur, kita pun dapat lebih disiplin untuk bangun sahur sehingga tidak kekurangan energi esok harinya.

Olahraga ringan

Olahraga tetap dapat dilakukan saat puasa agar tubuh tetap bugar, terutama bagi yang ‘tak bisa hidup’ tanpa olahraga. Jenis olahraga yang dapat dipilih adalah yang low impact saja, seperti jalan cepat, sepeda santai, yoga, dan taichi yang dilakukan di sore hari. Hal tersebut agar nantinya kita tidak dehidrasi yang justru malah akan membuat tubuh kmenjadi lemas dan kepala pusing. Usahakan olahraga dilakukan di tempat yang sejuk, ya.

Jaga kelembaban kulit

Selain minum air putih yang banyak, kita pun bisa menjaga kelembaban kulit dari luar dengan menggunakan body lotion, body butter, ataupun body cream. Lip balm atau madu dapat digunakan agar bibir tetap lembap dan sehat.

Baca juga :

Cara-cara di atas dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tubuh tetap terlihat segar sehingga kecantikan anda terjaga. (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status