Ini Lho Macam-Macam Khasiat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh!

Jika Anda penggemar buah salak, tahukah Anda bahwa khasiat buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda? Selain rasanya yang enak, buah salak mengandung nutrisi yang memiliki khasiat baik untuk tubuh, seperti protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin C. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan Anda.

manfaat buah salak

Tahukah anda jika buah salak bermanfaat untuk kesehatan kedua mata kita?Nah, khasiat buah salak untuk kesehatan mata ini disebabkan adanya kandungan beta karoten yang efektif untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata kita. Ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan beta karoten dalam buah salak kira-kira 5 kali lebih banyak daripada di dalam buah semangka atau buah mangga. Dengan demikian, jika Anda dan keluarga Anda bukan penggemar buah wortel, Anda bisa mengonsumsi salak sebagai alternatifnya.

Selain itu, buah salak juga konon diklaim dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Manfaat ini bukan hanya khasiat buah salak pondoh saja, lho.Tapi juga buah salak jenis lainnya, seperti salak condet, salak Sidimpuan, salak Bali, dan salak Madura.Kandungan potasium dan pektin yang dikandung oleh buah salak adalah alasannya. Potasium, seperti yang kita semua ketahui, sanga baik dikonsumsi untuk sarapan.Nah, ini ternyata dikarenakan kemampuannya untuk meningkatkan fungsi otak sekaligus fungsi fisiologis tubuh yang penting lainnya.

Bagi para wanita yang sedang berdiet nih, tahukah Anda jika buah salak juga bermanfaat untuk diet Anda? Hal ini disebabkan tingginya kandungan serat yang ada pada buah salak, sehingga khasiat buah salak bagi wanita saat berdiet ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.Karenanya, buah salak cocok dikonsumsi sebagai camilan sore atau pada jam-jam kritis lainnya agar Anda tidak malah tergoda untuk menyantap camilan berkalori tinggi lainnya sampai tiba waktunya makan siang atau makan malam.

Nah, tingginya kandungan serat yang dimiliki buah salak ini juga memberikan manfaat kesehatan lainnya. Ya, buah salak dapat membantu mengatasi sembelit, lho. Eh, kok bisa? Padahal kan, selama ini buah salak malah dikenal menyebabkan sembelit karena kandungan tanin alias zat anti-diare di dalamnya! Hmm, ternyata itu karena cara konsumsinya yang salah. Untuk menikmati manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh ini, alangkah jauh lebih baik jika Anda tidak membuang kulit arinya saat mengonsumsi buah salak. Sebab, malah di dalam kulit ari buah salak itulah ada kandungan serat yang dapat membantu mengurangi risiko sembelit setelah mengonsumsi buah tersebut.

Itu tadi adalah beberapa khasiat buah salak untuk kondisi kesehatan yang dapat Anda nikmati dari mengonsumsi buah salak. Memang ya, selain rasanya yang enak dan segar—dan beberapa jenis salak tetap terasa segar walaupun sepat—buah salak pun memberi manfaat yang baik bagi tubuh kita. (Ayla/Wah)

Artikel terkait : buah salak, manfaat buah salak, kesehatan mata, salak pondoh, salak condet, salak Bali, salak Madura, salak Sidimpuan, manfaat kesehatan, mengonsumsi buah salak


DMCA.com Protection Status