Inilah 3 Menu Takjil Yang Paling Diminati untuk Berbuka!

Takjil merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah penyegaran. Di Indonesia, takjil digunakan sebagai istilah berbuka puasa. Pada zaman Rasulullah SAW, saat takjil kaum muslimin biasanya mengkonsumsi kurma yang bertujuan untuk memulihkan tenaga dan menyegarkan tubuh. Dan kebiasaan mengkonsumsi buah kurma pada zaman Rasulullah tersebut diikuti oleh para umatnya.

menu takjil untuk buka puasa di bulan ramadhan

(c) shutterstock.com

3 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa Agar Kamu Semakin Bersemangat

Menurut penelitian, buah kurma mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menambah asupan energi bagi tubuh. Maka tak heran jika buah yang berasal dari Timur Tengah tersebut selalu menjadi menu wajib dan menjadi menu favorit di bulan Ramadhan.  Selain buah kurma, menu favorit pada saat puasa Ramadhan adalah kolak dan sop buah. Mengapa 3 menu takjil tersebut paling diminati? Simak uraian berikut ini!

Kurma

Nama latin buah ini adalah Phoenix dactylifera. Rasanya yang legit manis tentu sangat digemari oleh siapa saja. Kurma bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai varian menu, misalnya kurma coklat, roti isi kurma, es kurma, dan sebagainya. Para ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi kurma secara teratur, terutama bagi orang yang berpuasa, wanita hamil, serta orang yang baru sembuh dari sakit nutrisi dalam buah tersebut sangat berguna  bagi kesehatan tubuh.

Buah kurma merupakan sumber energi karena mengandung gula alami yang cukup tinggi dalam bentuk glukosa, sukrosa,  dan fruktosa. Kurma juga merupakan sumber serat pangan yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan kadar gula dalam darah, dan  sebagainya. Selain itu buah kurma juga merupakan sumber vitamin dan mineral antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, besi, mangan, magnesium, tembaga, dan fosfor.

Kolak

Kolak merupakan sajian menu berbuka puasa yang umumnya terdiri dari ubi, pisang, kolang-kaling, serta bahan lainnya. Dalam penyajiannya diberi santan serta gula merah sehingga rasanya manis dan sedap. Pada saat bulan Ramadhan  banyak pedagang yang menjajakan kolak di pinggir jalan. Kolak biasanya dikemas dalam plastik dengan kisaran harga 3 ribu hingga 5 ribu rupiah.

Sop buah

Sop buah termasuk menu yang diminati sebagai sajian berbuka puasa. Bahannya terdiri dari beberapa jenis buah seperti apel, pepaya, nanas, melon, alpukat, serta beberapa buah lain dan ditambah dengan sirup dan gula. Agar lebih segar tambahkan serutan es batu.

Baca juga :

3 menu berbuka puasa yang saya hadirkan tersebut akan membuat kamu semakin bersemangat ketika menjalankan ibadah puasa.  Rasanya yang manis dan lezat akan segera mengembalikan energi kamu yang hilang. Selamat berpuasa ya! (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status