Inilah Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Menurut penelitian, susu kambing etawa mengandung berbagai nutrisi dan senyawa penting yang diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Beberapa nutrisi yang terkandung antara lain kalsium, fosfor, sodium, dan flourin. Oleh karena itu, kandungan nutrisi dalam susu kambing diklaim lebih baik dibanding dengan susu sapi. Nah apa saja manfaat susu kambing Etawa, simak yang berikut ini!

khasiat dan manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan dan kecantikan

(c) shutterstock.com

Khasiat Susu Kambing Etawa

Memperbaiki sistem pencernaan

Susu kambing etawa mengalami proses homogenisasi secara alami sehingga gelembung-gelembung lemak dapat pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga memudahkan proses pencernaan dan penyerapan makanan dalam tubuh. Susu kambing juga mengandung asam lemak antimikroba yang berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan. Jadi susu kambing etawa sangat bagus dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah dengan organ pencernaan.

Tidak menyebabkan alergi

Sebagian orang sering mengalami alergi terhadap susu sapi. Umumnya yang dialami adalah masalah pada pernapasan. Susu sapi memang mengandung lemak yang lebih tinggi dan itu diduga merupakan penyebab terjadinya penumpukan lendir yang menyebabkan alergi. Gelembung lemak yang terkandung dalam susu kambing etawa hanya sekitar sepersembilan dari lemak yang ada dalam susu sapi. Nah, bagi kamu yang mengalami masalah yang sama beralihlah ke susu kambing etawa karena relatif lebih aman dibanding susu sapi.

Kaya kalsium

Sebagaimana susu sapi,  juga mengandung kalsium yang bermanfaat membantu kesehatan tulang dan gigi. Bahkan dalam susu kambing etawa terkandung  asam amino triptofan. Orang yang mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin dapat terhindar dari osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Sumber nutrisi yang lengkap

Kegunaan susu kambing Etawa adalah untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menambah vitalitas dan meningkatkan semangkat karena susu kambing Etawa mengandung berbagai nutrisi yang lengkap, antara lain Zinc, Mineral alkaline, asam amino esensial, Flourin, Betakasein, Cynokobalamin, Kalium, Enzim Xanthine Oxydase,  dan Niasin, Kalsium, Riboflavin, dan sebagainya.

Dapat mengobati penyakit TBC dan Asma

Khasiat susu kambing Etawa adalah untuk mengobati penyakit TBC, Bronkitis, serta Asma  karena mengandung Flourin dan Betakasein.

Produk olahan susu kambing etawa dan kisaran harga

Saat ini susu kambing Etawa tidak hanya dinikmati dalam bentuk cair saja namun telah diolah dalam bentuk susu bubuk. Tersedia susu kambing bubuk dalam kemasan kotak kardus atau kemasan sachet. Di pasaran terdapat beberapa merk susu kambing, antara lain Otawa Sehat, Sky Goat, Aliifa, Sozo, Skey, Jinnan, dan lain-lain.

Mengenai harganya cukup bervariasi, ada yang mematok harga Rp 20.000,00; Rp 25.000,00, hingga Rp 50.000,00. Semua tergantung pada produsen/ pabrik pengolahnya. Jika tertarik untuk membuktikan manfaat susu kambing Etawa, kamu bisa membelinya di beberapa supermaket terkemuka, apotek, atau toko online. Jika kamu berbelanja di toko online, berarti kamu harus memesan terlebih dahulu, mengirimkan sejumlah uang pembayaran plus ongkos kirim, baru setelah itu produk akan dikirim ke alamat kamu.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata susu kambing etawa juga sangat berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit wajah dan juga tubuh. Berbagai produk olahan susu kambing untuk kecantikan kulit adalah sabun susu, body lotion, dan lulur.

Sabun susu kambing

Sabun susu kambing mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, protein, lemak, dan zat besi sehingga berguna untuk melembutkan kulit, melembabkan kulit kering, mengatasi masalah jerawat, mencerahkan kulit, membantu proses regenerasi kulit, dan mencegah terjadinya kanker kulit. Sabun susu kambing bisa digunakan untuk membasuh wajah dan tubuh. Cara penggunaannya, basahi tubuh dengan air, lalu usapkan sabun secara merata sambil dipijat perlahan-lahan. Diamkan sekitar 2-3 menit agar nutrisinya meresap ke dalam kulit. Selanjutnya bilas dengan air hingga bersih.

Harga sabun susu kambing tergolong sangat terjangkau, yaitu hanya dibandrol rata-rata Rp 5000,00 per batang 40 gram. Umumnya jika memesan secara online ada aturan pesan minimal, misalnya minimal 10 batang, 20 batang, dan seterusnya. Namun jika memesan sejumlah tersebut harga perbatangnya akan lebih murah. Selain sabun susu kambing berbentuk batang ada pula sabun susu kambing cair.

Body lotion susu kambing

Body lotion susu kambing bermanfaat untuk melembankan kulit, memutihkan kulit, serta meregenerasi kulit. Sebelum kamu menggunakannya sebaiknya bersihkan tubuh terlebih dahulu dengan air bersih, atau jika ingin khasiatnya lebih maksimal mandilah terlebkih dahulu dengan sabun susu kambing. Selanjutnya keringkan tubuh dengan khanduk hingga benar-benar kering. Baru setelah itu oleskan body lotion susu kambing secara merata. Lakukan sebanyak 2 kali secara teratur.

Lulur susu kambing

Selain sabun, body lotion, ada pula lulur susu kambing. Produk yang satu ini bermanfaat untuk meluruhkan sel-sel kulit mati karena mengandung scrub alami ditambah susu kambing murni. Dengan rajin melulur tubuh menggunakan lulur susu kambing maka kulit tubuh kamu akan semakin halus, lembut, dan putih berseri. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu.

Amankah susu kambing etawa bagi ibu hamil dan bayi anda?

Ternyata susu kambing etawa memiliki manfaat yang besar bagi ibu yang sedang hamil. Tentu saja, susu ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, mengapa disarankan meminum susu kambing tersebut? Apa saja manfaatnya? Yuk, simak yang berikut ini!

  1. Susu kambing yang dikonsumsi ibu hamil dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak bayi sejak dalam kandungan.
  2. Susu kambing mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar terjaga kesehatannya serta meningkatkan stamina ibiu hamil agar tidak mudah lelah.
  3. Susu kambing membantu meningkatkan produksi ASI.
  4. Kandungan kalsium dalam susu kambing membantu baik untuk pembentukan tulang bayi dalam kandungan.
  5. Susu kambing relatif lebih aman bagi orang-orang yang rentan mengalami alergi.

ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan yang terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga bayi usia 6 bulan. Pada masa tersebut bayi wajib mendapatkan ASI eksklusif, yaitu pemberian ASI saja tanpa tamjbahan makanan atay minuman apa pun. Namun mulai usia 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan seperti bubur susu, buah, sayur, serta biskuit yang dihaluskan sesuai dengan kemampuan mengunyah sang bayi. Beberapa orangtua terkadang juga memperkenalkan bayinya dengan susu formula untuk mendukung tumbuh kembangnya karena ASI saja dianggap tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Lalu bagaimana dengan susu kambing Etawa? Amankah jika diberikan untuk bayi dan Balita? Secara umum susu kambing Etawa aman-aman saja diberikan pada bayi, bahkan susu kambing lebih mudah dicerna karena mengandung protein alergi yang lebih sedikit dan asam lemak rantai pendek dan menengah. Susu kambing juga relatif lebih aman bagi bayi yang rentan mengalami alergi susu. Namun jika orangtua masih merasa ragu sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter spesialis anak atau ahli gizi anak.

Di manakah bisa membeli susu kambing etawa?

Begitu banyak manfaat susu kambing Etawa bagi kita, tidak hanya bagi kesehatan namun juga bagi kecantikan. Bagi kamu yang memiliki masalah seputar organ pencernaan, pernafasan, serta permasalahan kulit mengapa tidak mencoba memanfaatkan susu kambing Etawa sebagai solusinya. Bingung di mana bisa mendapatkan susu jenis ini? Beberapa distributor resmi susu kambing etawa ini sudah menyebar ke seluruh kota-kota besar di Indonesia. Dalam hal ini, pastikan bahwa anda menemukan susu kambing etawa yang asli. Karenanya, pastikan anda membelinya di distributor asli ataupun took dan apotek yang tertentu.

Baca juga :

Demikian artikel tentang manfaat dan khasiat susu kambing etawa yang kami rangkum dari beberapa sumber di internet. Semoga bermanfaat! dan bisa membantu sobat Ayla semuanya yang saat ini sedang membutuhkan informasi. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda si social media, facebook, twitter dan google plus. Agar mereka yang saat ini sedang membutuhkan informasi ini bisa terbantu, salam.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status