Inilah Penyebab Jerawat Batu yang Harus Kita Ketahui

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang bentuknya besar-besar dan kadang lambat untuk disembuhkan. Jenis jerawat ini bisa disebabkan karena beberapa hal yang bisa kita hindari atau kita atasi dengan perawatan wajah yang benar. Beberapa penyebab jerawat batu yang perlu kita ketahui, yaitu :

penyebab jerawat batu

(c) shutterstock.com

Faktor genetic

Orang yang menderita jerawat batu biasanya memiliki kerabat yang juga pernah menderita jerawat batu. Hal tersebut disebabkan karena jenis kulit mereka serupa, yaitu memiliki :

  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif dan membanjiri pori-pori
  • Sel-sel kulit mati tumbuh tidak normal dan tidak bisa beregenerasi secepat kulit
  • Respon terhadap peradangan berlebihan sehingga dapat menimbulkan bekas di kulit

Kebersihan wajah

Selain masalah genetik yang tidak bisa dihindari, penyebab lainnya adalah masalah kebersihan wajah. Jika sudah memiliki jenis kulit yang berminyak, dan mudah berjerawat maka sangat penting memperhatikan masalah kebersihan wajah. Sedikit saja wajah tidak bersih maka jerawat akan mudah untuk muncul. Oleh karana itu perlu membersihkan wajah dan melakukan perawatan wajah sehingga tidak mudah berjerawat. Cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Membersihkan wajah dengan sabun wajah.Carilah sabun wajah yang cocok dengan jenis kulit, lalu gunakan secara rutin. Penggunaan sabun wajah bisa dilakukan saat wajah terasa kotor dan saat sebelum tidur. Selain dengan sabun, membersihkan wajah bisa dengan menggunakan milk cleanser. Produk pengecil pori-pori juga akan membantu kulit agar tidak mudah berminyak.
  • Menggunakan pelembab wajah dan tabir surya. Pelembab wajah juga penting bagi orang yang memiliki kulit berminyak. Gunakan pelembab wajah dan juga tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Menggunakan lotion anti jerawat. Gunakan lotion anti jerawat untuk mencegah jerawat timbul pada kulit wajah. Pilihlah lotion yang aman dan terbukti dapat mencegah timbulnya jerawat.
  • Membersihkan make up. Gunakan make up seperlunya dan sebaiknya gunakan tipis saja. Setelah penggunaan make up jangan lupa untuk membersihkannya segera. Make up bisa menutupi pori-pori kulit dan dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena pori-pori yang tersumbat tersebut.

Makanan

Makanan juga berpengaruh pada keadaan kulit kita dan ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu jerawat. Beberapa makanan yang harus dihindari antara lain makanan pedas, makanan berminyak, makanan berlemak, dan makanan lainnya yang dapat memicu alergi. Setiap orang kadang memiliki ketahanan masing-masing terhadap makanan. Jadi perlu diperhatikan untuk setiap individu jenis makanan apa yang dapat memicu timbulnya jerawat. Gantilah makanan tersebut dengan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh kita adalah makanan sehat maka tubuh kita juga dapat ikut sehat. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status