Kenali 7 Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab penyakit jantung koroner yang paling utama adalah adanya penumpukan lemak yang terjadi pada dinding dalam pembuluh darah jantung. Jika hal ini diikuti dengan pembekuan darah, penimbunan jaringan ikat, perkapuran, dan yang lainnya maka akan menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal tersebut juga mengakibatkan otot jantung mengalami kekurangan pasokan darah dan dapat menimbulkan berbagai dampak yang membahayakan seperti angin duduk.

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Beberapa faktor penyebab penyakit jantung koroner yang lainnya yaitu :

1. Obesitas

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau kita biasa menyebutnya dengan obesitas dapat memicu penyakit jantung koroner.Obesitas terjadi karena timbunan lemak pada tubuh sangat banyak, timbunan lemak tersebut juga terdapat pada pembuluh darah khususnya yang berada pada jantung. Lemak yang tertimbun pada pembuluh darah jantung akan menyumbat aliran darah sehingga terjadi penyakit jantung koroner. Sebaiknya seseorang yang obesitas mulai dari sekarang agar segera diet sehat serta olahraga teratur agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

2. Kebiasaan merokok

Merokok juga bisa menjadi penyebab penyakit jantung koroner.Ini karena merokok dapat mengganggu kesehatan tubuh organ vital seperti jantung. Berhentilah merokok agar terhindar dari penyakit jantung koroner serta penyakit lainnya yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

3. Diabetes mellitus

Diabetes mellitus terjadi karena kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi ini akan terus mengalir dalam pembuluh darah terutama pada jantung. Jika hal ini terus terjadi gula darah tadi akan menimbulkan plak pada dinding pembuluh darah, yang jika dibiarkan plak ini akan terus menumpuk dan dapat menyumbat aliran, sehingga terjadi penyakit jantung koroner. Penderita diabetes sebaiknya melakukan perawatan dengan suntik insulin, serta pola hidup sehat agar kadar gula darahnya dapat segera turun untuk menghindari risiko jantung koroner.

4. Kolesterol tinggi

Sama seperti obesitas, kolesterol yang tinggi dalam tubuh akan menyebabkan timbunan lemak yang menumpuk pada pembuluh darah di jantung, yang jika dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat yang berakibat pada jantung koroner. Untuk itu hindari makanan seperti gorengan, cepat saji, dan yang lainnya yang mengandung kolesterol tinggi.

5. Stress

Seseorang yang sedang stres dan diikuti dengan kolesterol serta kadar gula darah tinggi, akan cepat mengakibatkan penyakit jantung koroner terjadi.

6. Kurang atau malas olahraga

Timbunan lemak pada tubuh dan pembuluh darah jika tidak segera dibakar dengan olahraga, maka akan menyumbat aliran darah. Kurang atau malas olahraga berarti tidak membakar timbunan lemak dalam tubuh, sehingga kurangnya berolahraga bisa menjadi penyebab penyakit jantung koroner.

7. Keturunan penyakit jantung dalam keluarga

Seseorang yang memiliki riwayat keluarga pernah menderita penyakit jantung dapat menurunkan penyakitnya tersebut.Untuk itu seseorang yang memiliki keturunan penyakit jantung harus terus waspada serta menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

Semoga informasi penyebab penyakit jantung koroner di atas bisa bermanfaat.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status