Kenapa Bengkoang Bisa Menjadi Pemutih Wajah Tradisional Yang Baik?

Banyak cara yang bisa digunakan untuk membantu memutihkan wajah. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker wajah. Bagi sebagian wanita, menggunakan masker menjadi pilihan perawatan wajah. Tidak jarang, mereka membeli masker langsung pakai yang banyak beredar di pasaran. Padahal, memakai masker pemutih wajah tradisional juga tidak kalah hasilnya dengan memakai masker langsung pakai.

pemutih wajah tradisional

(c) shutterstock.com

Salah satu bahan yang bisa dijadikan masker untuk memutihkan wajah adalah bengkoang. Buah bengkoang sudah menjadi rahasia turun temurun yang biasa dijadikan sebagai bahan utama untuk perawatan wajah. Selain itu, banyak juga beberapa produk perawatan wajah yang menjadikan bengkoang sebagai bahan pendukung untuk memutihkan wajah. Ini adalah beberapa alasan mengapa bengkoang bisa dijadikan sebagai bahan alami pemutih wajah tradisional:

Menghilangkan noda atau flek hitam di wajah

Jerawat yang timbul di wajah tentu sangat menyebalkan. Walau pun sudah hilang, tidak jarang jerawat tersebut meninggalkan noda hitam yang lama kelamaan bisa menjadi flek hitam di wajah. Beberapa kandungan dalam bengkoang seperti vitamin B1, vitamin C, rotenone, dan pachyrhizon, dipercaya mampu membantu menghilangkan masalah noda da flek hitam di wajah.

Menyegarkan wajah

Bengkoang dapat memberikan efek sejuk, segar, dan dingin pada wajah. Tidak heran, bengkoang biasanya menjadi bahan dasar sebagai bedak dingin. Bengkoang ini dapat membuat wajah merasa lebih rileks, dan setelah dipakai bisa memberikan kekenyalan dan kesegaran pada kulit wajah.

Memutihkan wajah

Sepertinya sudah bukan menjadi rahasia lagi jika bengkoang bisa membantu proses memutihkan wajah. Kandungan di dalamnya dipercaya dapat membuat wajah terlihat lebih putih secara alami.

Mencegah penuaan dini

Bengkoang mengandung anti oksidan yang dapat digunakan sebagai anti aging. Kandungan tersebut dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal, mengencangkan kulit, dan mencegah penuaan dini sehingga kulit wajah terlihat lebih mudah.

Cara membuat masker bengkoang ini tidak terlalu sulit. Hanya butuh kesabaran dalam membuatnya. Yang harus Anda lakukan adalah membelah buah bengkoang menjadi dua dan memarut bengkoang hingga halus. Anda juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskan bengkoang. Setelah itu, peraslah bengkoang yang telah dihaluskan hingga semua airnya keluar. Sisihkan air tersebut dan diamkan selama kurang lebih satu jam hingga terlihat endapan putih. Endapan putih yang muncul di bagian bawah air perasan bengkoang inilah yang akan digunakan sebagai masker untuk wajah.

Saat ingin menggunakan masker bengkoang, pisahkanlah endapan putih tersebut dari air perasan bengkoang. Kemudian oleskanlah endapan putih yang ada menggunakan kuas ke seluruh bagian wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit atau hingga masker kering seluruhnya. Setelah kering, Anda bisa membersihkan masker dari wajah menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk membilas wajah menggunakan air dingin setelahnya agar pori-pori wajah tertutup. Setelah itu, keringkan wajah dengan menggunakan handuk atau kain yang lembut. Anda cukup menepuk-nepuk wajah secara ringan menggunakan handuk tersebut. Jangan menggosok kulit wajah untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

Itulah beberapa alasan, cara membuat, dan cara memakai masker bengkoang sebagai masker wajah. Mungkin banyak wanita yang tidak mau memakai masker bengkoang ini karena tidak mau repot untuk membuatnya. Tapi apa salahnya sedikit repot untuk mendapatkan hasil yang maksimal? Selain itu, memakai bengkoang sebagai bahan alami untuk pemutih wajah tradisional juga menghindari Anda dari berbagai bahaya produk dengan bahan kimia.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status