Ketombe Berkurang dengan Memahami Faktor Penyebab Munculnya

Masalah ketombe merupakan masalah rambut yang cukup merisaukan. Tak hanya wanita, para pria pun juga galau bila harus berurusan dengan masalah rambut yang satu ini. Ketombe tidak hanya mengakibatkan kulit kepala menjadi gatal dan tak nyaman, tetapi juga bisa merusak penampilan kita. Terlebih bila serpihan-serpihan ketombe tersebut jatuh ke pakaian kita dalam jumlah yang tak sedikit. Kita seringkali merasa heran darimana ketombe-ketombe tersebut muncul, padahal kita sudah cukup rajin mencuci rambut kita. Sebenarnya, ketombe tak hanya berhubungan dengan seberapa sering kita mencuci rambut kita. Faktor-faktor eksternal dan internal sangat berpengaruh dalam timbulnya masalah ketombe ini.

ketombe

(c) shutterstock.com

Ada banyak factor eksternal yang menyebabkan munculnya ketombe, beberapa di antaranya ialah kondisi kulit, cuaca, dan produk rambut. Yang pertama, kondisi kulit kepala seseorang sangat berpengaruh terhadap kemunculan ketombe. Yang kedua yaitu cuaca. Tinggal di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia memang membuka peluang yang cukup besar bagi ketombe. Pasalnya, cuaca panas yang menyengat, apalagi bila ditambah dengan polusi, dapat membuat kulit kepala kita tidak sehat dan berpotensi mengundang kehadiran ketombe. Dan factor elksternal yang terakhir ialah produk rambut. Ingat, tak semua produk cocok bagi kulit kepala kita. Alih-alih mampu membuat rambut kita terlihat lebih indah, produk-produk rambut seperti shampoo, condisioner, masker dan sebagainya tersebut bisa jadi merupakan penyebab utama datangnya ketombe.

Adapun factor internal munculnya ketombe ialah stress dan asupan makanan. Stress yang berlebihan tak hanya mengakibatkan menurunnya kesehatan tubuh dan konsentrasi kita, tapi juga mengakibatkan munculnya ketombe. Makanan yang kita makan pun juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Ada baiknya kita banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan vitamin B untuk menjaga kesehatan rambut kita.

Faktor eksternal dan internal penyebab ketombe akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit kepala dan rambut kita. Dengan mengetahui penyebab-penyebab ketombe di atas, kita bisa lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan rambut kita. Mengetahui factor penyebab ketombe dapat memudahkan kita dalam menghilangkan ketombe di rambut kepala. Namun, akan lebih baik bila kita mulai merawat rambut kita sebelum ketombe datang menyerang.(Ayla/Hil)


DMCA.com Protection Status