Khasiat Dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Tubuh

Buah Jeruk merupakan buah yang banyak disukai orang karena rasanya yang manis dan banyak mengandung vitamin C. Pada umumnya, buah jeruk sangat digemari anak-anak karena bentuknya yang menarik dan rasanya yang manis agak asam. Ternyata, banyak khasiat dan manfaat buah jeruk yang baik bagi tubuh. Konsumsi buah jeruk secara rutin dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Keutamaan Khasiat dan Manfaat Buah Jeruk

Manfaat dan khasiat buah jeruk memang banyak terdapat pada buahnya. Keutamaannya dapat mengobati dan mencegah berbagai penyakit, yaitu :

  1. Buah jeruk dapat mencegah kanker karena mengandung limonoid.
  2. Dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.
  3. Buah jeruk yang kaya akan serat dapat melancarkan saluran pencernaan.
  4. Manfaat dan khasiat buah jeruk selanjutnya adalah dapat membuat jantung sehat karena mengandung kalium yang dapat mengatur kerja jantung.
  5. Buah jeruk juga dapat dijadikan karbohidrat karena kandungan gulanya serta kadar glikemik yang ada di dalam buah jeruk sedikit, sehingga sehat untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan peningkatan berat badan.
  6. Khasiat dan manfaat buah jeruk untuk kesehatan adalah membantu merawat kulit karena buah jeruk mengandung zat beta carotene yang merupakan zat antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.
  7. Dapat menurunkan tekanan darah. Buah jeruk dapat menurunkan tekanan darah karena jeruk mengandung hesperidin dan magnesium yang berfungsi menurunkan tekanan darah.
  8. Buah jeruk dapat meningkatkan perkembangan otak. Di dalam buah jeruk ternyata mengandung asam folat yang baik untuk otak. Asam folat di dalam tubuh berfungsi meningkatkan perkembangan otak dan baik untuk di konsumsi ibu hamil karena dapat membantu meningkatkan perkembangan otak pada janin.
  9. Berfungsi meningkatkan sistem imun. Vitamin C yang terdapat pada buah jeruk berfungsi merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh yang berkhasiat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

manfaat dan khasiat buah jeruk

Manfaat dan khasiat buah jeruk dari kulitnya

Buah jeruk tidak hanya berguna pada buahnya saja, akan tetapi kulit jeruk juga berkhasiat untuk penyembuhan penyakit secara tradisional yang baik bagi tubuh. Khasiat dan manfaat kulit jeruk antara lain adalah untuk sakit kepala karena kulit jeruk dapat dijadikan sebagai aromaterapi dan manfaat lainnya yaitu mencegah bau mulut dengan mengunyah kulit jeruknya.

Manfaat dan khasiat buah jeruk dari bijinya

Selain kulit dan buahnya, biji jeruk juga dapat dijadikan bahan penyembuh alami yang baik bagi tubuh untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri pada luka maupun benjolan. Itulah beberapa khasiat dan manfaat buah jeruk yang mampu mengobati berbagai penyakit dan untuk kesehatan tubuh, mulai dari buah sampai kulitnya.

Sebelumnya kami telah membahas tentang khasiat dan manfaat buah kelapa , bagi teman-teman yang memerlukan informasi tersebut silahkan kunjungi artikel kami tersebut.


DMCA.com Protection Status