Lakukan Cara Merawat Kulit Tubuh Ini Agar Semakin Sehat Dan Bersih

Setiap orang pasti menginginkan kulit yang sehat dan bersih, khususnya kaum wanita agar bisa selalu tampil dengan penuh percaya diri. Tapi, kondisi lingkungan sekitar dan pola hidup yang tidak sehat terkadang membuat wanita tidak memiliki kulit dambaannya tersebut. Permasalahan kulit pun muncul, seperti kulit yang kering, kusam, dan bahkan bersisik. Oleh karena itu, dibutuhkan cara merawat kulit tubuh yang tepat.

cara merawat kulit tubuh

(c) shutterstock.com

Untuk merawat kulit tubuh, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih, yaitu dengan melakukan perawatan kulit tubuh menggunakan cara tradisional atau bahan-bahan alami, dan dengan menggunakan produk-produk kecantikan yang sekarang sudah banyak ditawarkan di pasaran dengan beragam merek. Di bawah ini, akan kami sajikan tips perawatan kulit tubuh dengan menggunakan beberapa macam bahan alami yang tentunya aman untuk digunakan.

Air putih

Siapa yang tidak mengenal khasiat air putih ini? Selain diminum sebagai pelepas dahaga, air putih juga bisa menyehatkan kulit. Dengan meminum air putih yang cukup, maka tubuh bisa terlepas dari dehidrasi yang menyebabkan kulit kering dan berkurangnya kelembaban kulit. Oleh karena itu, rajinlah minum air putih minimal delapan gelas sehari.

Jeruk nipis

Selain kaya dengan kandungan vitamin C, jeruk nipis juga bisa membuat tubuh sehat. Jeruk nipis bisa digunakan untuk menyegarkan tubuh. Caranya, dengan membelah satu buah jeruk nipis, kemudia usapkan belahan jeruk nitip itu ke tubuh secara merata dan setelahnya diusap menggunakan kapas yang setengah basah. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu dan kulit tubuh Anda pun semakin sehat dan bersih.

Pepaya

Pepaya dikenal sebagai buah yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Tetapi, pepaya juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengurangi kerutan, mengangkat sel-sel kulit mati, dan memutihkan kulit tubuh. Tidak heran, buah ini sering digunakan sebagai bahan untuk beberapa perawatan kecantikan. Untuk memutihkan kulit menggunakan pepaya ini, Anda cukup menghaluskan beberapa potong pepaya dan dicampur dengan sedikit madu murni. Balurkan ke kulit secara merata dan tunggu beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih menggunakan air.

Beras ketan

Beras ketan dipercaya dapat menghaluskan kulit tubuh. Anda dapat mencobanya dengan cara mencuci beras ketan di bawah air keran hingga bersih dan tiriskan. Kemudian masukan beras ketan yang telah ditiriskan tersebut ke dalam kantung berbahan kain katun dan menumbuknya secara perlahan-lahan. Rendamlah kantung berisi tumbukan beras ketan itu ke dalam air hangat dan tunggu beberapa saat hingga airnya berubah menjadi warna putih. Usapkan kantung tersebut ke seluruh kulit tubuh dan tunggu hingga meresap di kulit. Setelah itu, Anda bisa membilas kulit tubuh Anda dengan air hangat hingga bersih.

Tomat

Selain jeruk nipis, tomat juga dapat memutihkan kulit. Caranya dengan memarut sebuah tomat berukuran besar hingga halus dan tambahkan beberapa tetes air perasan lemon serta air mawar. Aduk hingga rata dan oleskan ke kulit Anda. Diamkan beberapa saat dan Anda bisa membilasnya hingga bersih menggunakan air.

Sebenarnya masih banyak cara merawat kulit tubuh lain yang bisa Anda terapkan di rumah. Kuncinya adalah Anda rajin dan teratur dalam merawat tubuh. Selain merawat kulit tubuh dari luar, Anda juga harus merawat kulit tubuh dari dalam dengan cara menerapkan pola hidup dan makan yang sehat, tidur yang cukup, dan rajin berolahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status