Makan Serat sebagai Cara Diet Sehat dan Cepat secara Alami dan Tanpa Obat

Mengkonsumsi serat itu bagus sebagai cara diet sehat dan cepat. Sebab mampu berperan dalam menjaga keseimbangan metabolisme dan kesehatan tubuh. Bagaimana penjelasannya? Seperti dilansir oleh laman authoritynutrition.com dijelaskan bahwa didalam tubuh kita itu terdapat banyak sekali bakteri yang hidup dalam usus, terutama di usus besar. Bakteri yang bersifat baik itu berperan penting dalam segenap aspek tubuh kita, seperti untuk mengontrol gula darah, kekebalan tubuh, kecerdasan otak, termasuk juga mengontrol berat badan.

cara diet sehat dan cepat

(c) shutterstock.com

Seperti makhluk hidup lainnya, bakteri dalam usus kita juga butuh makanan agar tetap sehat. Nah, di sinilah serat dibutuhkan sebagai bahan makanan mereka. Kemudian bakteri tersebut akan mengolahnya menjadi energi yang kita butuhkan.

Sifat serat yang tidak mudah dicerna membuatnya akan sampai ke usus besar dalam bentuk yang relatif tak berubah. Barulah saat sampai di usus besar tersebut, bakteri akan “memakannya” dan mengolahnya untuk membuat keseimbangan dalam tubuh kita.

Kaitannya dengan berat badan seperti apa? Begini. Bakteri yang bersifat baik pada usus kita itu mampu mengolah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi tersebut berperan untuk memperbaiki sel yang rusak sekaligus meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. Termasuk juga mencegah terjadinya peradangan dalam darah.

Sebaliknya, jika radang terjadi, itu bisa menjadi faktor pendorong meningkatnya berat badan. Akhirnya obesitas pun terjadi. Jadi ada kaitan langsung antara konsumsi serat dengan berat badan tubuh kita. Oleh karena itu, makan serat bisa menjadi cara diet sehat dan cepat. Sehat sebab menggunakan mekanisme alami dalam tubuh kita. Serta cepat efeknya karena tidak membutuhkan proses dari luar tubuh.

Selain itu, serat juga mempunyai kemampuan untuk membuat tubuh kenyang dalam waktu lama. Sehingga kita pun tak mudah lapar dan menyantap makanan berulang kali. Serat juga bisa mengurangi nafsu makan kita. Buktinya, sering tubuh kita mudah merasa kenyang setelah mengkonsumsi makanan yang berserat. Otomatis dengan demikian potensi untuk penurunan berat badan juga semakin besar. Sobat Ayla mau cara diet sehat dan cepat ? Ya, kuncinya makanlah banyak serat.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status