Manfaat Buah Nangka Selain Untuk Bahan Pelengkap Kue dan Es

Manfaat buah nangka tidak kalah dengan buah-buah mahal lainnya seperti kiwi, apel merah, jeruk, pisang, dan masih banyak lagi. Buah dengan rasa manis ini mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan tubuh. Buah nangka yang harum banyak sekali penggermarnya, kita harus rela bergelut dengan getahnya sebelum mendapatkan dagingnya yang nikmat. Kegunaan buah nangka muda di daerah Jogja digunakan untuk diolah sebagai makanan Gudeg, yang merupakan makanan khas kuliner Jogja.

khasiat dan manfaat buah nangka

(c) shutterstock.com

Khaisat buah nangka untuk kekebalan tubuh

Buah ini sangat mirip dengan durian yaitu sama-sama berduri, namun duri buah nangka tidak setajam buah durian. Begitu banyak khasiat buah nangka muda yang bisa kita dapatkan. Dalam 1kg buah nangka terdapat sumber vitamin c dan aktioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Kandugan gizi ini digunakan untuk memperkuat sisitem kekebalan tubuh. Nangka juga kaya dengan kalium yang berguna untuk menstabilkan gula darah sehingaa resiko penyakit jantung dan stroke bisa dikurangi. Ini juga baik untuk sistem keseimbangan tubuh. Ternyata buah nangka juga memprotek tubuh dari serangan kanker, itu di karenakan buah berduri ini mengandung fitonutrein seperti lignan, isoflavon, dan saponin. Selain kandungan di atas, di dalam buah nangka juga terdapat vitamin A yang tentunya bagus untuk kesehatan mata.

Manfaat buah nangka untuk memperoleh kecantikan alami

Buah nangka dapat dikonsumsi dalam keadaan matang maupun mentah. Nangka yang biasanya dicampur di dalam es buah adalah nangka matang, jika nangka mentah lebih familiar di campurkan dalam menu sayur. Taukah Anda jika nangka juga mampu menyuplai nutrisi bagi wajah, ini adalah beberapa khasiat buah nangka untuk kecantikan yang akan dijelaskan :

Mengatasi jerawat

Buatlah bubur nangka dengan cara memblender dan kemudian tambahkan perasan air lemon. Oleskan pada wajah yang berjerawat tunggu sampai kering, lau bilas bersih.

Mengurangi kulit berminyak

Bubur nangka yang ditambahkan minyak zaitun mampu mengurangi kulit berminyak Anda, lalukan perawatan ini 4x seminggu selama 3 minggu.

Mengatasi kulit kasar

Buat jus nangka tanpa mencampur dengan apapun, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, tunggu 20 menit lalu bilas bersih.

Mengatasi kulit terbakar

Wajah kusam akibat sinar matahari, yang ditandai dengan warna coklat kemerahan pada wajah dapat di atasi dengan bubur nangka yang ditambahi perasan air lemon. Oleskan sebagai masker, diamkan selama 30 menit lalu ilas bersih menggunakan air hangat.

Begitu banyak manfaat buah nangka dari kesehatan sampai manfaat nangka untuk kecantikan. Gunakanlah secara teratur dan jangan melebihi dosis yang dianjurkan, karena mengkonsumsi nangka terlalu banyak juga dapat meningkatkan gula darah. (Ayla/Wah)


DMCA.com Protection Status