Manfaat Buah Pisang untuk Wajah Cantik dan Tubuh Sehat Segar dan Bugar

Sebagai orang Indonesia aneh rasanya jika tidak mengenal buah pisang. Buah pisang keragamannya tersebar di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua, dan Australia Tropika). Di Indonesia, buah pisang mudah ditemukan di sekitar kita tinggal. Buah pisangpun beragam jenisnya, bentuk, rasa, dan warnanya ketika matang. Akan tetapi, tulisan ini bukan untuk membahas tentang keaneragaman buah pisang, akan tetapi manfaat buah pisang untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan wajah.

khasiat dan manfaat buah pisang

(c) shutterstock.com

Ada banyak kegunaan dari buah pisang. Hal ini, karena buah pisang memiliki banyak kandungan mineral, kalori, dan protein. Buah pisang memiliki manfaat di antaranya:

Menghaluskan Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah yang kencang tidak harus memalui perawatan berbiaya menguras kantong. Cukup memanfaatkan pisang sebagai masker wajah. Inilah manfaat dan khasiat buah pisang untuk kecantikan untuk cantik dengan hemat. Pisang yang biasa digunakan adalah pisang ambon. Masker pisang ini dapat dibuat sendiri. Kupaslah pisang yang sudah matang, potonglah kecil-kecil dan kemudian dihancurkan. Bubur pisang tersebut dapat lagsung digunakan pada wajah yang sudah dibersihkan atau dengan menambahkan satu sendok makan madu. Oleskan masker pisang yang sudah dicampur madu pada wajah, diamkan 15-30 menit. Lalu cucilah wajah dengan air hangat. Lakukan secara teratur dan rasakan kehalusan kulit wajah anda.

Mengobati Jerawat

Bagi anda yang berjerawat dan merasa tidak nyaman. Gunakanlah pisang sebagai obatnya. Caranya daging buah pisang dihancurkan, daging yang sudah hancur tersebut dapat langsung digunakan sebagai masker. Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan, diamkan 15-30 menit. Cucilah wajah dengan air hangat, gunakan secara rutin dan teratur.

Membantu Program Diet

Khasiat buah pisang untuk diet adalah pisang memiliki kandungan karbohidrat dan protein lebih banyak dibandingakan apel. Serat yang dimiliki oleh pisang dapat membantu memperlancar pencernaan. Cadangan karbohidrat yang dimiliki oleh pisang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak tidak akan menyebakan kegemukan. Sehingga, ketika anda lapar dan sedang diet maka makanlah buah pisang. Anda akan merasa kenyang dan tidak merusak program diet anda.

Kelancaran Fungsi Otak

Bagi anda yang mungkin sering dipanggil “telmi” telat mikir oleh teman-teman anda. Bisa jadi bukan karena anda bodoh, akan tetapi karena ada permasalahan dalam kelancaran fungsi otak. Cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang. kandungan Vitamin B6 buah pisang cukup tinggi yaitu 0,5 mg/100mg. Vitamin B6 ini berperan dalam sintesis dan metabolism protein, khususnya serotonin. Serotonin inilah yang diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. So, tidak bakal dibilang “telmi” lagi kalo rajin makan buah pisang.

Manfaat yang dituliskan di atas hanya sebagian, masih banyak lagi manfaat lainnya. Setelah mengetahui manfaat buah pisang anda tidak ragu lagi utuk mengkonsumsinya kan?(Ayla/Ags)


DMCA.com Protection Status