Manfaat Buah Tomat untuk Menjaga Kulit Cantikmu

Kamu pasti sering merasa jengkel dengan jerawat yang sering muncul, apalagi disaat hari-hari pentingmu? Atau komedo yang tak kunjung hilang? Atau bahkan banyaknya minyak di kulit yang membuatmu tidak nyaman? Jangan dulu buru-buru memakai obat-obatan atau kosmetik. Tak ada salahnya memakai cara yang alami, misalnya dengan mengkonsumsi atau membuat masker dari buah tomat. Ya, manfaat buah tomat ternyata juga bisa untuk mencerahkan wajah. Pasti kamu tidak akan kesulitan menemukan buah ini. Selain harganya yang relatif murah, buah tomat juga gampang diperoleh. Coba tips berikut ini untuk merawat wajahmu dengan buah merah segar ini.

khasiat dan manfaat buah tomat

(c) shutterstock.com

Pori-pori besar adalah salah satu permasalahan di wajah yang bisa membuat kotoran masuk dan menyebabkan infeksi. Jika pori-pori kulit wajahmu membesar, ambillah sesendok makan tomat yang dihaluskan. Tambahkan dua sampai empat tetes air perasan jeruk nipis, setelah itu oleskan dengan kapas ke wajahmu. Pijat pelan-pelan dan diamkan selama lima belas menit kemudian bilas dengan air. Kandungan zat lycopene pada tomat akan membantu mengecilkan pori-pori. Banyaknya manfaat tomat untuk kulit juga dikarenakan tomat mempunyai beberapa vitamin seperti vitamin A dan C.

Khasiat buah tomat untuk wajah selanjutnya adalah membantu menyembuhkan jerawat. Penanganan jerawat patut hati-hati karena mengatasi jerawat dengan cara yang salah bisa menimbulkan infeksi. Tomat dapat membantu mengurangi jerawat dengan cara mengoleskannya ke bagian wajah yang berjerawat. Dengan mengoleskan tomat ke wajah, tidak hanya jerawat saja yang hilang, tapi tomat juga bisa mengurangi kadar minyak. Jadi setelah beberapa kali kamu rajin mengoleskan tomat di wajahmu, kulitmu akan bebas dari jerawat dan tidak berminyak lagi.

Bagaimana dengan komedo yang membandel? Komedo yang terus-terusan di wajah bisa membuat penampilan menjadi tidak menarik. Untuk mengatasinya, buatlah masker tomat yang dicampur dengan alpukat. Kandungan vitamin dalam tomat akan membebaskan wajahmu dari komedo, sedangkan alpukat akan menjadi antiseptic. Kombinasi kedua buah ini akan menurunkan kadar komedo di wajahmu. Khasiat buah tomat untuk wajah yang sudah terbukti bisa mengurangi komedo tumbuh lagi.

Peradangan kulit sering dialami oleh kamu yang sering beraktivitas dibawah sinar matahari langsung. Tentunya ini dapat berefek buruk pada wajahmu yaitu bisa menimbulkan kemerahan di wajah dan gatal-gatal. Manfaat buah tomat bisa mengatasi peradangan ini. Caranya yaitu parutlah buah tomat kemudian campur dengan yogurt polos. Oleskan pada wajah, leher, dan seluruh bagian tubuh yang meradang. Diamkan selama dua puluh menit dan bilas. Selain menyembuhkan beberapa masalah pada wajah, buah tomat juga bisa membuat kulit lebih bercahaya. Pasta tomat yang dicampur dengan madu dan dioleskan secara teratur pada kulit wajah akna membuat wajah mempunyai cukup nutrisi dan kelihatan bercahaya. Setelah mengetahui banyak manfaatnya, boleh dong dicoba, untuk perawatan wajah yang alami dan terjangkau.(Ayla/Wah)


DMCA.com Protection Status